Eksistensi Seni Grafis Monoprint dalam Kesenirupaan Yogyakarta

Bayu Aji Suseno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin memahami persoalan yang muncul dalameksistensi seni grafis monoprint seniman Yogyakarta. Pertanyaan yang diajukan(1) apakah cetak monoprint merupakan suatu bentuk penyimpangan terhadapkaidah seni grafis konvensional; (2) bagaimana pengaruh booming lukisan dalamkeberadaan praktik seni grafis monoprint. Keberadaan praktik monoprint sejalandengan perkembangan seni rupa kontemporer yang merespons kekayaan teknik danmedium baru, yang disertai dengan konsep pemikiran seniman yang lebih plural.Namun, proses kreatif pegrafis tersebut seringkali dipandang kritis dan sinis olehsebagian pihak karena karya yang dihasilkan oleh seniman tidak hanya ada satuedisi (eksklusif ) seperti lukisan. Dalam rentang waktu tahun 2008 sampai 2011,beberapa seniman yang bermukim di Yogyakarta mengadakan pameran tunggalseni grafis monoprint. Kota Yogyakarta memiliki sejumlah seniman muda yangmenekuni praktek cetak tersebut, antara lain: Andre Tanama, Ariswan Adhitama,Irwanto Lentho, dan T.A Sitompul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktikseni grafis monoprint ternyata mampu bersaing dengan lukisan. Pengaruh boominglukisan menjadikan seni ini bukan lagi merupakan satu pencarian jati-diri, namunsebagai satu alternatif bentuk komoditas dengan label seni rupa modern

 

The Existence of Monoprint Art in Yogyakarta. The existence of monoprint practicegrows in line with the development of the contemporary art that responds the inventionof new techniques and media accompanied by the artists’ more pluralistic thinking.Unluckily, the creative process of the monoprint artist is often critically judged andcynically looked at by some people because the work produced by the artist is only oneedition (exclusive), just like painting. From 2008 to 2011, several artists living inYogyakarta held a solo exhibition of monoprint. Yogyakarta has a number of young artistswho devote their life to practice the art of printing, among others are Andre Tanama,Ariswan Adhitama, Irwanto Lentho, and TA Sitompul. This study is intended to findout whether monoprint making practice is considered as a deviation of the graphic artconventional rules and how the painting booming influences the monorprint existence.From the analysis, it can be inferred that a monoprint is capable of competing a paintingand the booming of painting is no longer considered as a search of identity but more as analternative of commodity form with the label of modern visual art.


Keywords


monoprint, contemporary graphic art, printmaker of Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Barker, Chris. 2011. Cultural Studies; Teori & Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Becker, Howard S. 1982. Art World. London: University of California Press.

Djelantik, A. A. M. 1999. Estetika (Sebuah Pengantar). Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Fadjri, Raihul. 2000. Yogya dalam Peta Seni Rupa Seni Cemeti.

Kartika, Dharsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Palmer, Frederick. 1975. Introducing Monoprints. New York: Drake Publishers.

Piliang, Yasraf Amir. 2011. Dunia yang Dilipat : Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudyaan. Bandung: Pustaka Matahari.

Pirous, A.D. 2003. Melukis itu Menulis. Bandung: Penerbit ITB.

Noerhadi, Inda Critaninda. 2012. Sejarah Hak Cipta Lukisan. Jakarta: Komunitas Bambu.

Supriyanto, Enin. 2005. Setengah Abad Seni Grafis Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Sabana, Setiawan. 2005. Legenda Kertas. Jakarta: Kiblat.

Sachari, Agus. 2002. Estetika (Makna, Simbol, dan Daya). Bandung: Penerbit ITB.

Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Susanto, Mikke. 2002. Diksi Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.

____________. 2004. Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta: Galang Press.

Wulandari, Wiwik Sri. (2008), “Seni Grafis Yogyakarta dalam Wacana Kontemporer” dalam ARS, Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol. 8 No. 2 September.

Yuliman, Sanento. 2001. Dua Seni Rupa (Serpihan Tulisan Sanento Yuliman). Jakarta: Kalam.

Katalog

Pameran Tunggal A.T Sitompul “Psycho-Visual”,Tembi House of Culture Yogyakarta, 25 Januari-10 Februari 2008.

Pameran Tunggal Andre Tanama “Touch of Heaven”, Bentara Budaya Yogyakarta, 24 – 27 Desember

Pameran Tunggal T.A Sitompul “Alun dan Pusaran”, Bentara Budaya Yogyakarta, 22 –30 Mei 2010.

Pameran Tunggal Ariswan Adhitama “In Repair”, Bentara Budaya Yogyakarta, 3 – 12 Desember 2010.

Pameran Tunggal Andre Tanama “The Tales of Gwen Silent”, Syang Art Space Magelang, 28 Februari – 3 Maret 2011.

Pameran Tunggal Irwantho ‘Lentho’ “Sang Pencukil”, Bentara Budaya, Yogyakarta, 3 –11 Agustus 2011.

Pustaka Laman

www.outoftheboxindonesia.wordpress.com.

(Diakses pada Januari 2013, pukul 16.22)




DOI: https://doi.org/10.24821/jousa.v1i2.792

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 912 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2355-2131 (print) | ISSN 2355-214X (online).