Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Redaksi mengundang Anda untuk menulis, berupa naskah ilmiah
populer tentang perkembangan pemikiran, pengetahuan, dan
penciptaan seni rupa dan disain. Adapun author guidelines sebagai berikut:

Judul Artikel Harus Singkat, Jelas dan Informatif; Maksimum 15 Kata (Font Adobe Garamont Pro; Size 14 - Bold)

Penulis 1, Penulis 2, dan Penulis 3 (Font Adobe Garamont Pro; Size 12-Regular)

Program Studi ……….. , Fakultas ……….. , (Font Adobe Garamont Pro; Size 11-Regular)

Universitas/Institusi …………..

Alamat universitas/institusi …………

Tlp. 08xxxx, E-mail: pengarang1@...mail.com

 

ABSTRAK

Abstrak artikel ditulis dalam satu paragraf berbahasa Indonesia (maksimum 200 kata) memuat tujuan penelitian, metode pengumpulan data, metode analisa data, hasil penelitian atau perancangan, dan rekomendasi. Font Adobe Garamont Pro; Size 11-Regular dengan lebar spasi 1. Penulisan kata kunci terdiri atas 3-5 kata atau panjangnya tidak melebihi satu baris; dapat berasal dari judul, bersumber pada abstrak atau dari tubuh teks, atau dari tesaurus disiplin ilmunya.

Kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3

 

ABSTRACT

Judul Artikel dalam Bahasa Inggris. Terjemahan dalam bahasa Inggris dari abstrak yang sudah dibuat. Format penulisan seperti pada abstrak dengan font miring/Italic.

Keywords: keyword 1, keyword 2, keyword 3

 

Pendahuluan

Terdiri atas latar belakang, tujuan penelitian, teori, metode, dan kontribusi hasil penelitian yang telah dilakukan. Penulisan keseluruhan artikel menggunakan font Adobe Garamond Pro Ukuran 12-Regular (atau miring sesuai dengan bahasa yang digunakan). Baris pertama tiap paragraf menjorok ke dalam sebesar 8 mm. Spasi yang digunakan sebesar 1 spasi.

Pengutipan sumber menggunakan sistem APA (American Psychological Asociation)  dengan sistem Mendeley, tidak menggunakan catatan kaki. Untuk menggunakan Mendeley dalam menuliskan daftar pustaka atau bibliografi serta sitasi dapat digunakan cara sebagai berikut ini: (1) Jalankan Mendeley Desktop, (2) Klik menu Tools >> Install LibreOffice Plugin, (3) Jalankan LibreOffice Writer, akan muncul toolbar Mendeley, (4) Buka dokumen yang akan diberikan sitasi,  (5) Mulai memberikan sitasi dengan klik toolbar "Insert Citation", ketikkan nama referensi pada jendela kecil yang muncul atau klik "Go to Mendeley", (6) Lanjutkan dengan memilih referensi yang dikutip, klik "Cite" pada toolbar Mendeley, (7) Lihat kembali pada Libre Office Anda, secara otomatis referensi sudah ditambahkan, (8) Untuk menambahkan bibliografi atau daftar pustaka, klik "Insert Bibliography" pada toolbar LibreOffice, dan (9) Selesai.

Setiap kutipan dalam teks harus dilengkapi dengan sumbernya yang diletakkan dalam tanda kurung, dengan mencantumkan nama belakang penulis dan tahun terbit. Jika kutipan itu berada di dalam kutipan lain, gunakan tanda kutip tunggal untuk kutipan di dalam dan tanda kutip ganda untuk kutipan di luar. Letakkan setiap koreksi, tambahan atau penghilangan di antara tanda kurung persegi. Font yang digunakan adalah Adobe Garamond Pro ukuran 10 sesuai dengan contoh pada halaman ini.

 

Pembahasan

Merupakan bagian yang paling bebas untuk penulis berekspresi. Jangan berpanjang lebar, tetapi berargumenlah dengan logis. Dalam membahasnya ulaslah penelitian memenuhi tujuan penelitian. Hubungkan temuan dengan pengamatan atau hasil penelitian sebelumnya dengan jalan menunjukkan persamaan dan membahas perbedaannya.

Apabila menampilkan tabel, maka penempatan tabel berada di atas atau di bawah teks, tidak berada di tengah-tengah teks. Untuk itu, hindari penggunakan kata “….seperti tabel di bawah ini” tetapi gunakan kata “ lihat pada tabel 1 “ Tabel dapat disertakan dengan format seperti pada tabel 1 (hanya menggunakan 2 kolom lebar halaman) atau tabel 2 (menggunakan 1 kolom).

Dalam membuat tabel, tidak semua garis digambar, tetapi hanya kepala tabel dan bagian terakhir dari tabel. Cara membuat tabel yang benar bisa dilihat dalam tabel 1 dan tabel 2, sedangkan tabel yang salah bisa dilihat pada tabel 3. Di bawah tabel harus disertai penjelasan dari mana data itu diperoleh.

Foto ilustrasi, jika ada dikirimkan dalam format JPEG ukuran 300 DPI terpisah dari artikel dengan dilengkapi legenda (caption). Contoh foto ilustrasi seperti pada Gambar 1.

Foto ilustrasi diletakkan di bagian atas atau bawah teks, tidak boleh ditempatkan di tengah teks. Untuk menghindari hal seperti ini, perlu dihindari kalimat /frasa seperti berikut “ ….lihat gambar di bawah ini” atau “ Gambar di atas menunjukkan bahwa……” tetapi disampaikan seperti berikut “lihat gambar 3” atau “Gambar 3 menunjukkan bahwa…..”.

Simpulan

Dalam menarik simpulan harus bersikap kritis, dan lihat apakah simpulannya dapat ditafsirkan dari sudut pandang lain lagi. Cukup luaskah perampatan yang digariskan dengan melibatkan simpulan, hasil, pendapat, dan teori-teori yang ada? Berpikir dan bernalarlah secara konklusif sehingga dicapai simpulan yang mendekati kesempurnaan.

Ucapan Terima Kasih

Dibatasi hanya kepada para profesional/ ahli yang telah membantu pelaksanaan riset termasuk pemberi dukungan fasilitas dan dana serta dukungan umum dari institusi tempat berafiliasi. Gelar orang yang diberi ucapan terima kasih harus dicantumkan sebagai penghormatan.

Kepustakaan

Kepustakaan diutamakan dari sumber jurnal terbaru (80%) terbitan 10 tahun terakhir. Penulis juga diwajibkan mensitasi minimal 2 sitasi dari artikel dalam Journal of Urban Society’s Arts yang telah terbit edisi-edisi sebelumnya. Cara penulisan sitasi dan kepustakaan mengacu pada system Mendeley dengan pilihan style APA (American Psycological Asociation), yaitu sumber tulis (artikel dalam jurnal, buku, dan sumber tercetak lainnya) disusun secara alfabetis pada bagian akhir tulisan, dengan mengikuti urutan: nama penulis, tahun terbit, judul, nama penerjemah (untuk karya terjemahan), tempat dan nama penerbit.

Contoh kepustakaan:

Artikel Jurnal

Weis, S. 2003. Embodiment and Aesthetics in Javanese Performance. Asian Music, Vol. 33(No. 2 Spring-Summer), 29–45.

Buku

Carroll, N. 2002. Beyond Aestheticts. UK: Cambridge University Press.

Bunga Rampai

Rahn, J. 2008. Digital Content: Video as Research. In Handbook of The Arts in Qualitative Research. Singapore: Sage Publication.

Skripsi, Thesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian

Benamou, M. 2014. Rasa in Javanese Musical Aesthetics. The University of Michigan

Audio/Video

Sugito, H. 2005. Lakon Semar Gugat. Fajar Record.

Informan

Wacono, K. S. H. 2010. Dalang wayang kulit tinggal di desa Pacor Kecamatan Kutoarjo.

Pustaka Laman

Wohlstetter, P. 2010. Organizing for Successful School-Based Management. Retrieved February 5, 2014, from http://www.ascd.org/readingroom/books/wohlstetter9 books.html

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Makalah yang akan dipublikasikan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dalam proses pendaftaran untuk dipublikasikan di tempat lain.
  2. Berkas makalah sudah dalam format Microsoft Word.
  3. Jika tersedia, URL dari pustaka rujukan hendaknya dicantumkan.
  4. Teks adalah satu spasi, menggunakan font 12-point, menggunakan garis miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL), dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan dalam teks pada titik-titik yang tepat, bukan pada akhir .
 

Copyright Notice

Bagi setiap artikel yang dimuat dalam jurnal, maka Hak Cipta tetap menjadi milik penulis, adapaun artikel termuat di jurnal kepemilikan artikel sepenuhnya menjadi milik penerbit Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi:

Editor in Chief

Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.