STILISASI HEWAN PRASEJARAH DALAM BENTUK SENJATA KAPAK

Ahmad Prasetya Hady

Abstract


Sejak fosil dinosaurus pertama dikenali pada awal abad sembilan belas, rangka dinosaurus yang dirangkai menjadi pertunjukan yang poluler di museum-museum di seluruh dunia. Dinosaurus menjadi budaya dunia dan terus populer. Mereka menjadi topik di buku-buku terlaris dan film-film paling dikenal Jurassic Park, dan penemuan-penemuan baru secara teratur diungkapkan di media. Berbagai kemampuan itu dapat dilihat melalui bentuk adaptasi dalam memodifikasi tubuh dan prilaku. Keunikan karakter dinosaurus ini juga bila ditelisik lebih lanjut merupakan suatu bentuk ekspresi prilaku yang berbeda-beda. Setiap dinosaurus memiliki wujud bentuk yang belum pasti karena sampai saat ini memang belum ada bentuk yang secara pasti , hal ini membuat suatu peluang imajinatif untuk menafsirkan berbagai bentuk yang ada.
Metode yang digunakan dalam pembuatan karya seni ini menggunakan teori dari Gustami dengan 3 tahap 6 langkah dalam pembuatan karya seni. Dimulai dari eksplorasi tradisi daerah Banyuwangi, Perancangan karya yang akan dibuat, dan perwujudanya ke dalam karya senjata kapak. Dalam proses penciptaan ini digunakan pendekatan seperti estetik, simiotik dan ergonomis yang disesuaikan dengan bentuk karya yang diwujudkan.
Karya seni dan simbolisme kehidupan merupakan unsur penting pada karya ini. Komposisi ubahan inilah yang dirasa mampu membuat nilai artistik dari karya kapak ini muncul. Setiap audience yang melihat karya ini tentunya akan melihat konsep pemahaman terhadap unsur visual dalam bentuk baru seperti terangkum pada satu kemasan yang artistik. Masing-masing dari karya ini memiliki karakteristik yang berbeda dan disesuaikan dengan nilai-nilai dan pesan yang ada di dalamnya namun secara utuh karya ini memiliki satu garis besar visual tentang pesan simbolisme itu sendiri.

 


Kata Kunci : Senjata Kapak, Dinosaurus, Hewan Prasejarah, Simbolisme,


Full Text:

PDF

References


Feldman, Edmund Burke.(1993), Practicial Art Cricticsm, Chicago: Paper Back.

Gustami, SP. (2008), Nukilan Seni Ornamen Indonesia, Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta

Herbert Mead George.(1998), Teory of Symbol, New York City: Daily Paper.

Langer, Susanne K.(1957), Philosophy In a New Key: Study In The Symbolism. Havard University Press, North California.

Nurmianto, Eko.(2008), Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Kedua, Guna Widya, Surabaya ,Indonesia.

Sachari, Agus.(1989), Estetika Terapan, Nova, Bandung, Indonesia

WEBTOGRAFI

Sumber Unduhan Gambar: http://www.egidino.com/2010/07/pengertian-dinosaurus_20.html

http://global.rakuten.com/en/store/hakata-smile/item/1009399/

http://s.kaskus.id/r540/images/201502/28/367805-20150228032143.html

http://pinterest.com/armor/ydgdgshdbuart-leather.html




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v6i2.2397

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.