KAJIAN IKONOGRAFI PADA MAKAM RAJA-RAJA MATARAM ISLAM DI KOTAGEDE YOGYAKARTA

Rohiman Rohiman

Abstract


Makam merupakan peninggalan sejarah manusia yang dapat dilihat oleh manusia. Makam menjadi penanda kerajaan yang pernah berkembang di komplek makam raja Kotagede. Peneliti mengajukan pertanyaan tentang bentuk Makam Panembahan Senopati (Mataram Islam) di Kotagede Yogyakarta. Bentuk Makamnya berbeda serta struktur yang mengandung konspirasi menjadi ketertarikan peneliti. Melalui analisis struktural sebagai pisau bedah, dapat membantu evaluasi terhadap objek material Makam. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara sebagai alat untuk menganalisis Makam. Teknik analisis data menggunakan sistem pengkodean secara bertahap dengan fokus perhatian pada faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk makam. Faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk makam yaitu kedudukan, jasa, ahliwaris, kekuasaan, dan pakem. Terdapat tiga tingkatan dalam komplek makam, tingkatan pertama Tajuk, kedua beringgitan dan yang ketiga proboyokso, yang mana tingkatan tersebut merupakan truktur makam pada komplek makam panembahan senopati dan tingkatan juga mempengaruhi kesetrataan soaial, periode, dan keturunan di Keraton Ngayokyakarta.


Kata kunci : Makam, Struktur, Ikonografi, Surface Structure, deep structure

 

 


The tomb is a relic of human history that can be seen by humans. The tomb became a marker of the kingdom that once developed in the tomb complex of Kotagede king. Researchers ask questions about the form of the tomb of Panembahan Senopati (Mataram Islam) in Kotagede Yogyakarta. The shape of his tomb is different and the structure that contains conspiracy becomes the researcher's interest. Through structural analysis as a scalpel, it can help the evaluation of the object of the Tomb material. This study uses interview techniques as a tool to analyze the Tomb. Data analysis techniques use a gradual coding system with a focus on the factors that influence the shape of the tomb. Factors that affect the shape of the grave of position, service, heirs, power, and grip. There are three levels in the tomb complex, the first stage of the Header, the second hinged and the third proboyokso, which is the tomb structure of the tomb complex of senopati and the level also affect the equality of soaial, period, and descendants in Keraton Ngayokyakarta.


Keywords: Tombs, structure, Iconography, surface structure, deep structure


Full Text:

PDF

References


A. Molyviati. Ourania. 2011. Funus Triumphale: Funeral Iconography And The Parade Of Roman Leaders In The Sixth Book Of The Aeneid . Graeco-Latina Brunensia

Carollina. Dona. 2017. yang berjudul Kajian Ikonografi Dan Ikonologi Prangko Seri Revolusi Banteng. Tesis. yogyakarta

Gnisci, Jacopo. 2015 Picturing the liturgy: Notes on the iconography of the Holy Women at the Tomb in fourteenth- and early fifteenth-century Ethiopian manuscript illumination Defenisi. London. SOAS, University of London 78, 3 (2015), 557–595

Jas´ Elsner. Katharina Lorenz .2012. The Genesis of Iconology. Critical Inquiry / Spring . The universiti of chicago.

Koentjaraningrat, 1974, Pengantar Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Moore Smith. Alison. 2017. The Iconography Of The Sacrifice Of Isaac In Early Christian Art. American. Vol. 26, No. 2 (Apr. - Jun., 1922), pp. 159-173

Panofsky. Erwin.1955. Meaning in the Visual Art , Doubleday Anchor Books, New York

Susan Venit. Marjorie. 1997 .The Tomb from Tigrane Pasha Street and the Iconography of Death in Roman Alexandria. American , Vol. 101, No. 4 (Oct., 1997), pp. 701-729

Staf Jurusan Arkeologi Fakultas Sastra UGM. 1983. Beberapa Catatan MengenaiKepurbakalaan Indonesia. Yogyakarta.

Tjandrasasmita, Uka. 2000. Penelitian Arkeologi Islam di Indonesia dari Masa ke Masa, Kudus: Menara Kudus,.

Wirjosandjojo. Soekiman. 2009. Pengaruh Dan Peranan Makam Pada Komentar Orang Jawa.




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v6i2.2401

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.