CHIMERICAL (The Art of Assemblage)

Yusuf Ferdinan

Abstract


Kemampuan ‘menghubung-kaitkan’ sesuatu dengan sesuatu yang lain merupakan sebuah kreativitas yang tidak datang begitu saja. Kemampuan tersebut merupakan ‘anugerah yang dilatih’, yang kemudian ditekuni penulis hingga terciptalah karya-karya assemblage-art, Assemblage merupakan sebuah teknik mengumpulkan berbagai macam media, kemudian mengkonstruksi dan merakitnya menjadi sebuah karya seni. Anugerah tersebut sudah dilatih sejak usia anak-anak di mana saat itu penulis menyadari ketidak mampuannya untuk memiliki berbagai macam mainan yang diinginkan anak-anak pada umumnya,  sehingga ‘terdesak’ untuk menciptakan mainan sendiri dengan merakit benda-benda yang ditemukan. Kegemaran merakit benda temuan tersebut berlangsung hingga usia dewasa, yang kemudian dikembangkan dengan menambahkan sebuah muatan konsep atau pesan-pesan tertentu.

Istilah Chimera dipilih penulis untuk mewakili ciri khas kekaryaannya baik dalam proses penciptaan hingga hasil akhir. Menggabung-gabungkan berbagai jenis makhluk hidup sebagai tema dari wujud karya dan menggabung-gabungkan berbagai jenis benda temuan sebagai metode dalam proses penciptaan karya seni. Chimera merupakan istilah populer yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang ‘dikawin-silangkan’, kemudian dipilihlah istilah lanjutan yaitu Chimerical yang berarti sesuatu yang memiiki sifat-sifat menggabung-gabungkan.

Kata kunci: Assemblage, Chimerical dan benda temuan

Full Text:

PDF

References


Barrett, T. (2010). Making Art: Form and Meaning. New York: McGraw-Hill.

Bono, E. de. (1999). New Thinking for the New Milenium. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Feldman, E. B. (1967). Art as Image and Idea, The University of Georgia. New Jersey: Pentice-Hall, Englewood Cliffs.

Marianto, M. D. (2019). Seni dan Daya Hidup Dalam Perspektif Quantum. Yogyakarta: Scritto books & BP ISI Yogyakarta.

Pooler, R. (2013). The Bounderies of Modern Art. Great Britanian and USA: Arena Books.

Taupitz, Burke, E., & Weschka, M. (2009). Chimbrids, Chimeras and Hybrids in Comparative European and International Research. Springer Science and Busines Media.

Werness, H. B. (2013). Encyclopedia of Animal Symbolism in Art. NewYork: The Continuum International Publishing Group Inc.




DOI: https://doi.org/10.24821/jocia.v5i2.3753

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2442-3394 (media cetak)  || ISSN 2442-3637 (media online)


View My Stats