Lagu Separuh Aku karya Band Noah: Sebuah Tinjauan Karya Musik Ringan

Titis Setyono Adi Nugroho

Abstract


Lagu Separuh Aku karya band Noah yang dirilis pada September 2012 secara singkat populer di masyarakat. Ini semata-mata bukan hanya terletak pada kekuatan lagu, melainkan adanya keterkaitan berbagai elemen pendukungnya. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analitik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan-kekuatan lagu pop dan hal-hal lain di balik kecepatan laju popularitasnya. Dalam membedah permasalahan ini digunakan beberapa teori/ konsep, yakni dari Adorno tentang klasifikasi musik ringan, dominasi industri budaya dan konsumsi musik pop, Frith tentang lirik lagu bukan puitis, serta Burton tentang kekuatan media. Berdasarkan konsep-konsep tersebut didapatkan sejumlah hasil penelitian. Musik pop yang termasuk kedalam klasifikasi musik ringan yang didukung penciptaan lirik sederhana dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat, terlebih lagi oleh kaum pekerja yang bekerja dibawah tekanan waktu dan target perusahaan. Kemudian melalui kekuatan makna lirik yang terkondisikan dengan keadaan psikologis pendengar timbul suatu ekspresi musik, misalnya lewat nyanyian sebagai upaya penghiburan atas apa yang dialami penikmat. Suatu ekspresi tersebut tanpa mereka sadari ikut andil dalam upaya penyebaran lagu ke telinga konsumen lain. Di sisi yang sama peningkatan popularitas lagu juga dapat dibentuk melalui pemberitaan media, baik pemberitaan tentang lagu maupun hal-hal lain, misalnya melalui pemeberitaan kasus Ariel Noah, hal ini disebut dengan konsep aspek human interest. Melalui penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa salah satu pencapaian popularitas sebuah lagu/musik pop dapat dilihat dari kekuatan bentuk dan isi lagu serta dukungan dari berbagai media.


Keywords


Musik pop; popularitas; Noah; musik ringan

Full Text:

PDF

References


Budiarto, C. Teguh. 2001. Musik Modern dan Ideologi Pasar. Yogyakarta: Tarawang Press.

Burton, Graeme, 2006. Yang Tersembunyi di Balik Media. Yogyakarta: Jala-sutra.

Burton, Graeme. 2012. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta, Jalasutra.

Fikri, M. Tsaqibul. 2016. “Kajian Budaya Pop Pada Musik Keroncong: Perkembangan dan Pengaruh Bu-daya Musik Pop.” Yogyakarta: Pro-gam Pasca Sarjana ISI Surakarta, dalam www.academia.edu.

Hamidi, 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Hananto, Paulus D. 2011. “Analisis Sona-tina Op. 15 Untuk Flute dan Gitar Karya John William Duarte.” Dalam Jurnal Musik, Jurnal Ilmiah seni Mus-ik, vol. 2, no. 2/2011, pp 120-147.

Hermintoyo, D. Implikatur Metafora dalam Lirik Lagu Indoneisa Populer: Suatu Kajian Semiotik-Pragmatik. Dalam www.academia.edu.

Kuntjojo. 2009. “Metodologi Penelitian.” Materi Diklat. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Ratna, Nyoman K. 2010. “Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Storey, John. 2007. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Strinati, Dominic. 2009. An Introduction to Theories of Popular Culture. London and New York: Routledge.

Strinati, Dominic. 2009. Popular Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Ar- Media Ruzz




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v4i1.2271

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2338-039X (print) | ISSN: 2477-538X (online)