Metamorfosis Kupu-kupu: Sebuah Komposisi Musik

Amiruddin Sitompul

Abstract


Gagasan menciptakan karya seni terkadang berasal dari lingkungan sekitar, di antaranya yang banyak digunakan sebagai ide ialah kupu-kupu yang perkembangbiakannya melalui proses metamorfosis. Metamorfosis Kupu-kupu dipilih sebagai gagasan komposisi musik karena memiliki metamorfosis sempurna, atau holometabolisme. Penerapan gagasan Metamorfosis Kupu-kupu dalam komposisi ini menggunakan unsur ekstra-musikal sebagai gagasan dasar penciptaannya. Elemen ekstra musikal tersebut ditransformasikan ke dalam ide musikal dengan menggunakan unsur musikal di wilayah musik tonal. Karya ini dibuat oleh sumber program musik apelatif, yaitu yang dapat menempatkan karakter tertentu menjadi judulnya. Musik program musikal ini dibudidayakan dengan mengeksplorasi bentuk dan harmonisasinya. Pada karya ini penulis memperdalam ide dengan konsep-konsep harmoni, melodi, dinamika dan timbre. Penggunaan ukuran elemen eksplorasi dan pengolahan konsep-konsep tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap orisinalitas karya. Metamorfosis Kupu-kupu dilambangkan dengan catatan kunci soprano yang tenang pada bagian awal, kemudian menjadi lebih kompleks, dan didasarkan atas harmoni dan ritme yang dipertahankan sebagai iringan dengan penggunaan arpeggio sehingga menciptakan amosfir tenang pada proses tahap metamorfosis. Pemilihan alat musik yang tepat, penggunaan teknik-teknik kontrapung stretto, modus, polikordal, metrik, dan juga motif ekspansi maupun penyempitan yang digunakan dalam budidaya, diharapkan dapat memberi warna baru dalam penciptaan karya seni musik dan orisinalitasnya.


Keywords


musik; estetika; autonomis; heteronomis.

Full Text:

PDF

References


Benjamin, Thomas. 1970. Music for Anal-ysis, Boston: Houghton Miiflin Company.

Christ, William and Delone, Richard. 1975. Introduction to Materials and Structure of Music. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakar-ta: Penerbit Best Publisher.

Hargreaves, David J & C. North, Adrian, 2003. The Social Psychology of Music atau Psikologi Sosial Musik, ter-jemahan Djohan (----). Yogyakarta.

Hindemith, Paul.1944. Traditional Harmo-ny. New York: Associated Music Publishers, Inc.

Mack, Dieter. 1995. Ilmu Melodi, Ditinjau Dari Segi Budaya Musik Barat. Yog-yakarta: Pusat Musik Liturgi.

Mack, Dieter. 2009. Sejarah Musik Jilid 3. Pusat Musik Liturgi, Yogyakarta.

Mack, Dieter. 2009. Sejarah Musik Jilid 4, Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Persichetti, Vincent. 1961. Twentieth Cen-tury Harmony, Creative Aspects and Practice. London: Prentice-Russell Square.




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v5i1.2283

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2338-039X (print) | ISSN: 2477-538X (online)