SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) DAN BENDABENDA BERTEKNOLOGI DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI

Syafriyandi Syafriyandi

Abstract


Abstrak


Fotografi ekspresi merupakan ungkapan jiwa yang mengutamakan ekspresi jati diri pribadi
seseorang yang diekspresikan dalam karya seni murni. Penulis mengekspresikan apa yang ada
dalam pikiran berupa fantasi dan kebebasan yang tidak membatasi ide penciptaan. penciptaan
ini menggunakan metode ide, referensi, dan eksplorasi. Foto ini menampilkan objek semut
rangrang (Oecophylla smaragdina) yang merespons benda-benda berteknologi seperti halnya
manusia sekarang yang hampir tidak dapat dipisahkan lagi dengan perkembangan teknologi.
Semut adalah representasi manusia karena semut memiliki makna sebagai serangga yang
tergolong serangga sosial yang kehidupannya saling bekerja sama dan saling menolong seperti
halnya manusia. Karya yang penulis ciptakan diharapkan memiliki daya ganggu yang memicu
emosional dan memunculkan berbagai interpretasi kepada khalayak ramai.


Abstract

Weaver Ants (Oecophylla Smaragdina) and High Technology Objects in Fine Art
Photography. Fine art photography is an expression of one’s soul that promotes the expression
of personal identity as expressed in a work of fine art. The author expresses what is in the mind
in the form of fantasy and freedom that does not restrict the idea of creation. The creation
itself involves ideas, references and exploration. The photos depict weaver ants (Oecophylla
Smaragdina) responding to hi-tech objects just like human who cannot be separated from
the development of technology. Ants are representations of human being because ants are
included in the group of social insects that work in groups and help each other as human being
do. The works created here are expected to have a certain interference power which could
trigger emotional feeling and raise various interpretations for the general public.


Keywords


fine art photography; weaver (Oecophylla smaragdina); technology

Full Text:

PDF

References


Barbaum, Bruce. 2010. The Art of Photography:

An Approach to Personal Expression.

California: Rocky Nook Inc.

Breton, Andre. 1969. Manifestoes of Surrealism.

Ann Arbor: The University of Michigan

Press.

Clark, Tom. 2011. Digital Photography

Composition for Dummies. Indiana:

Wiley Publishing, Inc.

Feiniger, Andreas. 1965. The Complete

Photographer atau Unsur-Unsur

Utama Fotografi. Terjemahan R.M.

Soelarko.1999. Semarang: Dahara

Publishing.

Harlan, I. 2006. Aktivitas Pencarian Makan

dan Pemindahan Larva Semut Rangrang

Oecophylla Smaragdina (Formicidae:

Hymenoptera). Bogor: IPB.

Lutfi, Andian. 2012. Indonesia Macro

Photobook. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.

Soedarso Sp. 2006. Trilogi Seni: Penciptaan,

Estetika, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta:

BP ISI Yogyakarta.

Soedjono, Soeprapto. 2007. Pot-Pourri

Fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.

Sontag, Susan.1973. On Photography. New

York: Rosseta Books.

Sumartono. 1992. “Orisinalitas Seni Rupa

Indonesia, Pengetahuan dan Penciptaan”.

SENI, No. II/02, BP ISI Yogyakarta.

Tedjoworo. 2001. Imaji dan Imajinasi.

Yogyakarta: Yayasan Adikarya dan The

Ford Foundation.

Tim IT Works. 2014. Trik Fotografi Makro

Kreatif. Jakarta: PT Grasindo.

Wolmen, Benjamin B. 1981. Contemporary

Theories and Systems in Psychology.

New York: N.Y.10011.

Pustaka Laman

h t t p s : / / i n d o n e s i a p r o u d . w o r d p r e s s .

com/2011/01/17/andiyan-lutfi-fotomakronya-

jadi-headline-di-rubrikdailymail-

inggris/29, diakses pada 29

Maret 2016, pukul 10:11 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.