Aspek Musikologis Gêndér Wayang dalam Karawitan Bali

I Ketut Yasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola permainan gamelan atau gender wayang pada pertunjukan wayang Bali. Gȇndér wayang terdiri dari dua pasang instrumen, sepasang gȇndér gede dan sepasang gȇndér barangan. Kedua pasang gender ini menghasilkan pola permainan yang saling mengunci (interlocking figuration) yang sangat khas. Pola permainan ini diberi nama ubit-ubitan atau cecandetan. Data diperoleh melalui pengamatan terhadap pertunjukan wayang Bali. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 10 ubit-ubitan yaitu nyendhok, bolak-balik nuduk, tulak wali, bolak-balik ngutang, nyalud, uber-uberan, mulek, silih berganti, oles-olesan, dan nguluin. Sedang ritme terdapat 7 jenis, yaitu ngumad, ngambang, ngantung, kesiab, imbuh nada, imbuh gatra, dan salah gatra.

 


Keywords


gȇndér wayang; karawitan Bali; cecandetan; music wayang.

Full Text:

PDF

References


Ardipal, A. (2016). Peran Partisipan sebagai Bagian Infrastruktur Seni di Sumatera Barat: Perkembangan Seni Musik Talempong Kreasi. RESITAL: JURNAL SENI PERTUNJUKAN, 16(1), 15-24. doi:http://dx.doi.org/10.24821/resital.v16i1.1271

Bandem, I Made. (1983). Ensiklopedi Gamelan Bali. Proyek Penggalian, Pembinaan Pengembangan Seni Klasik/Tradisional dan Baru, Pemerintah Daerah Tingkat I Bali.

Bandem, I Made. (1986). Prakempa: Sebuah Lontar Gambelan Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia.

Bandem, I Made. (1993). Ubit-Ubitan; Sebuah Teknik Permainan Gamelan Bali. Mudra, Jurnal Seni Budaya Edesi Khusus Pebruari.

Budiman, C. (2013). Retorik dan Makna Ideologis Karya Instalasi dalam Film Opera Jawa Garin Nugroho. RESITAL : JURNAL SENI PERTUNJUKAN, 14(1). doi:http://dx.doi.org/10.24821/resital.v14i1.390

Dibia, I Wayan. (1997). Seni Pertunjukan Turistik dan Penggeseran Nilai-Nilai Budaya Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya. 5 (5)

Hastuti, Bekti Budi. (2006). Gending Ki Nartosabdho Sebagai Inspirasi Penciptaan Tari Nini Thowok. RESITAL : JURNAL SENI PERTUNJUKAN. VII/01.

Rembang, I Nyoman. (1977). Daftar Klasifikasi Gaemelan Bali. Kertas Serasehan Karawitan Bali. diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kebudayaan Jawa Tengah, Agustus 1977.

Sukerna, I Nyoman. (1989). Gending-Gending Iringan Pakeliran Wayang Parwa Gaya I Wayan Konolan. [Laporan Penelitian]. Surakarta: Sekolah Tinggi Seni Indonesia.

Audio

Gamelan Gȇndér Wayang Br. Babakan Desa Sukawati, Rick’S Record.

Gȇndér Wayang Bajar Taman, Krobokan, Kuta, Badung (koleksi diskotik STSI Surakarta)

I Wayan Sueca, 1985, “Gamelan Gȇndér Kayumas Kaja Badung” Bali Sterio music cassette Vol. 1, B-643

Tabuh-Tabuh Gȇndér Wayang, Desa Tunjuk Tabanan, Aneka Record




DOI: http://dx.doi.org/10.24821/resital.v17i1.1689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN : 2085-9910 (Cetak) | ISSN : 2338-6770 (Online)