PERANCANGAN INTERIOR HOTEL ALANA SURABAYA

riszky oktaviano

Abstract


Hotel Alana Surabaya merupakan hotel dengan menghadirkan konsep city resort hotel. Hotel yang terletak di tengah kota namun mengadopsi suasana resort yang alami dan nyaman. Sebagai City-Resort Hotel yang terletak di kota yang padat, ramai dan gaya hidup serba modern, hotel Alana igin tetap menunjukan ciri khas Surabaya.
Permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana menciptakan suasana resort pada hotel di tengah kota dengan tetap menunjukan ciri khas Surabaya. Selain itu permasalahan juga terletak pada luas area yang tidak terlalu luas untuk sebuah hotel bintang empat namun harus dapat menampung segala aktifitas pengguna ruang.
Metode desain meliputi pengumpulan data fisik dan non fisik. Studi pustaka, majalah, dan internet mengenai standarisasi resort hotel bintang empat. Analisis terhadap aspek-aspek interior sehingga di dapatkan sebuah konsep desain.
Tema “Past on Natural Port City” dengan gaya postmodern menjadi konsep perancangan interior hotel ini. Tema past on natural port city yang berarti masa lalu pada kota pelabuhan yang natural bermaksud menghadirkan ciri khas kota Surabaya sebagai kota pelabuhan pada masa lalu. Pencapaian tema dan gaya dicapai dengan penerapan unsur-unsur pelabuhan seperti air, kapal, rempah-rempah, koin kuno dan tanaman pada elemen-elemen interior. Perancang harus menghadirkan suasana resort pada luas hotel yang terbatas. Suasana resort dicapai dengan penggunaan material-material alam seperti batu alam, bata expose, kayu dan menyertakan tanaman sebagai elemen estetis. Penggunaan furniture yang tidak banyak memakan space menjadi solusi desain ini.
Kata kunci : city-resort hotel, local culture, past on natural port city, postmodern



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.408

Article Metrics

Abstract view : 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id