PERANCANGAN TK NEGERI 2 YOGYAKARTA

hana lestari

Abstract


Ruang kelas untuk anak usia tiga tahun keatas dapat ditemukan seperti di sekolah
negeri, suwasta, dan pusat pengembangan anak, dan hampir setiap lingkungan serta di
seluruh dunia. Sekolah ada yang menghadiri kelas dari pagi sampai siang , ada juga dari pagi
sampai sore hari. Ruang kelas prasekolah dan Taman Kanak-Kanak merupakan tempat
istimewa yang memberikan paduan tepat untuk memenuhi kebutuhan anak dalam rangka
belajar, tumbuh dan berkembang.
TK Negeri 2 Yogyakarta merupakan salah satu tempat pendidikan yang cukup terkenal
karena TK Negeri 2 Yogyakarta sekolah TK Negeri, maka dari itu TK Negeri 2 Yogyakarta
banyak yang mencari dan kualitas pembelajarannya cukup baik. Namun kualitas gedung
sekolah ini tidak sebanding dengan kualitas pengajarannya, karena kenyataannya banyak hal
(bagian interiornya) yang tidak mendukung bagi pengembangan anak itu sendiri. Misalnya
saja dinding menggunakan warna coklat, padahal warna coklat bukan warna karakter anakanak namun orang dewasa.
Maka dari itu perubahan utama yang akan perancang lakukan adalah merencanakan interior lebih sesuai bagi anak-anak Playgroup dan TK, Sehingga antara desain interior dan cara
pembelajarannya dapat saling mendukung ke arah yang lebih baik pertumbuhan dan perkembangan anak. Seperti dinding mengunakan warna karakter anak dan wallpaper. Selain
itu nantinya akan diterapkan tema “Powerpuff Girl”.
Kata Kunci: Perancangan, Interior, TK Negeri 2, anak-anak
.



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.419

Article Metrics

Abstract view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id