KEBERLANJUTAN INTERIOR RUMAH ADAT BETAWI DALAM KEMAJUAN JAMAN DI SETU BABAKAN

ismail saleh

Abstract


Kawasan Cagar Budaya Betawi Setu Babakan terletak di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai suatu Konservasi Budaya ”baru” di tempat tersebut dengan
tujuan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang merupakan warisan nenek moyang, salah satunya berupa rumah adat Betawi.
Di dalam Cagar Budaya Betawi Setu Babakan terdapat beberapa rumah adat yang memang sudah mengalami renovasi namun pada bagian-bagian yang rusak saja dan bentuknya masih sesuai dengan aslinya baik dari segi arsitektur dan interior. Akan tetapi banyak juga rumah yang mulai berubah, baik dari segi fungsi maupun arsitektur secara modern namun diharuskan tetap mengadopsi bentuk atau
simbol arsitektur rumah Betawi oleh pemerintah setempat.
Keberlanjutan suatu arsitektur budaya sangat erat  engaruhnya dari peran serta penduduk atau masyarakat yang memiliki kebudayaan. Hal tersebut menyangkut keberlanjutan interior rumah adat Betawi itu pula, seiring dengan kemajuan jaman di masa kini.
Kata kunci: Cagar Budaya Betawi Setu Babakan, Konservasi Budaya, Rumah Adat Betawi, Keberlanjutan Interior, Kemajuan Jaman.



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.422

Article Metrics

Abstract view : 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id