SISTEM WAYFINDING DITINJAU DARI ASPEK MENTAL MAP PENGUNJUNG PADA TUJUAN AREA RAWAT INAP DI RSUP Dr. SARDJITO YOGYAKARTA

Masithoh Zulaiha A. K

Abstract


Salah satu hal yang dapat mengatasi permasalahan wayfinding dalam rumah sakit adalah dengan memiliki imageability rumah sakit yang baik. Imageability rumah sakit ini dapat diidentifikasi dengan mental map. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui obyek-obyek elemen mental map yang terdiri dari landmarks (tengaran), paths (jalur), nodes (titik pertemuan antar jalur), edges (batas-batas wilayah), dan district (kawasan/zona) pada wayfinding pengunjung menuju area rawat inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi imageability obyek tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus mengenai sistem wayfinding yang ditinjau dari aspek mental map pengunjung untuk mengidentifikasi obyek-obyek yang bersifat imageability di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Penelitian menggunakan sumber sketsa peta mental, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel tujuan wayfinding dipilih secara purposive sampling, yaitu IRNA I (rawat inap dewasa), IRNA II (rawat inap anak), dan IRNA III (bangsal VIP). Responden adalah sepuluh pengunjung yang dipilih dengan ketentuan umur dewasa muda (20-40 tahun). Responden berpatisipasi dalam penelitian ini dengan melakukan kegiatan wayfinding menuju lokasi tujuan yang telah ditentukan sebanyak tiga kali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat obyek elemen mental map yang membantu pengunjung dalam menemukan area rawat inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Obyek tersebut merupakan elemen landmark, paths, edges, nodes, dan satu informasi lingkungan yang mendukung yaitu elemen penanda. Obyek elemen mental map pada tujuan area rawat inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta secara keseluruhan dipengaruhi oleh karakter visual, karakter fisik, dan lokasi. Penelitian ini menguatkan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa karakter fisik dan lokasi dari elemen acuan visual rumah sakit mempengaruhi lingkungan tersebut sehingga mudah diidentifikasi dan dibedakan. Kata Kunci : wayfinding, mental map, lanskap, imageability, rumah sakit.



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.425

Article Metrics

Abstract view : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id