PERANCANGAN INTERIOR RUMAH SAKIT MATA Dr. YAP YOGYAKARTA

Sari Budi Indraswari

Abstract


Rumah sakit mata termasuk dalam rumah sakit terspesialisasi yang khusus melayani kesehatan mata. Dalam lingkungannya tetap dibutuhkan therapeutic environment meskipun pasien menderita sakit mata yang mengganggu penglihatan. Maksud therapeutic environment, adalah lingkungan yang memiliki nilai dan upaya penyembuhan terhadap pasien. Maksudnya, secara tidak sadar dan tidak langsung, lingkungan memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap pasien dalam proses penyembuhan, selain itu juga mempengaruhi kinerja para petugas medis.
Rumah Sakit Mata Dr. YAP Yogyakarta adalah satu-satunya rumah sakit mata yang ada di Yogyakarta. Bangunan ini setiap harinya selalu dikunjungi banyak orang baik itu pasien, keluarga pasien, bahkan tenaga medis. Hal tersebut tentunya menguntungkan bagi rumah sakit, namun di sisi lain hal tersebut menimbulkan permasalahan. Salah satunya mengenai munculnya lingkungan yang tidak kondusif yang dapat menyebabkan keadaan psikologis pasien bahkan petugas medis rumah sakit tersebut ikut terganggu.
Desain adalah solusi untuk memecahkan masalah ini. Dalam perancangannya, perancang mengutamakan aksesibilitas yang nyaman bagi pengguna ruang terutama bagi pasien yang memiliki penglihatan terbatas, dimulai dari sirkulasi, penataan layout, serta pemilihan warna dan tekstur. Pada ruang-ruang yang didesain diharapkan dapat memberikan energi positif tidak hanya pada pasien tetapi juga para pengguna ruang lainnya. Dengan desain ruang yang maksimal, diharapkan membantu pasien sembuh dari sakitnya.
Kata Kunci: Rumah sakit mata, therapeutic environment, aksesibilitas



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.428

Article Metrics

Abstract view : 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id