PERANCANGAN INTERIOR EAT & DRINK LOKAL STAY KOTA YOGYAKARTA

Endro Arif

Abstract


Eat & drink LOKAL stay merupakan salah satu restoran yang baru yang ada di Yogyakarta. Keberadaan yang mempengaruhi perkembangan dunia food & beverage juga bisnis yang semakin ketat tentunya memerlukan penanganan yang maksimal. Perkembangan tersebut terlihat pada bentuk perancangan dengan memasukkan unsur buadaya lokal jawa dan unsur modern yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya lokal jawa kepada para wisatawan yang mengunjungi kota Yogyakarta.
Dalam Tugas Akhir Karya Desain ini perancangan interior meliputi seluruh ruang dan area yang ada, dengan pembagian area dalam dan luar. Untuk area dalam meliputi ruang restoran, bar, kitchen dan kantor. Sedang area luar untuk area makan dan entertainment stage. Total luas perancangan 800 m².
Untuk mencapai suasana yang diinginkan berikut fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang aktifitas di dalamnya, maka dalam perancangan ini dipertimbangkan beberapa faktor antara lain: gaya dan tema, sirkulasi, tata letak, elemen ruang dan estetisnya, tata kondisi dan pemilihan perabot. Sedangkan untuk gaya dipilih gaya eklektik, menyesuaikan bentuk arsitekturnya. Gaya ini akan dipadukan tema “hadirnya nuansa buadaya Jawa di dalam sebuah restoran modern”, yaitu sebuah tema yang diangkat dari kearifan budaya lokal Jawa.

Kata kunci : Resto, Eklektik, Tradisional, Modern




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.654

Article Metrics

Abstract view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id