Penciptaan Skenario Film Televisi “GUNARDI” Adaptasi Kisah Nyata Gun Jack Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama bukan Sebagai Tokoh Utama

Fanni Mardhotillah, Endang Mulyaningsih, Agnes Karina Pritha Atmani

Abstract


Banyak media dapat digunakan untuk menceritakan kisah nyata, salah satunya skenario film televisi. Skenario adalah karya dalam bentuk tulisan yang menjadi acuan dalam proses pembuatan film.

Karya tugas akhir penciptaan skenario ini akan berkisah tentang seorang anak perempuan yang mencari tahu identitas ayahnya. Ayah yang ternyata seorang preman dan juga anggota Badan Intelijen Negara.

Memiliki ayah seorang preman terkenal di Yogyakarta pada tahun 2000an menjadi suatu pengalaman menarik sekaligus cobaan berat. Kisah ini dikemas dalam karya tugas akhir yang berjudul Penciptaan Skenario Film Televisi “Gunardi” Adaptasi Kisah Nyata Gun Jack Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama Bukan Sebagai Tokoh Utama. Pendekatan adaptasi yang digunakan yaitu loose atau longgar. Adapasi longgar ini meliputi transfer ide, situasi dan karakter kemudian diubah menjadi skenario “GUNARDI”.

Proses penceritaan menggunakan sudut pandang orang pertama bukan sebagai tokoh utama. Tokoh tersebut akan menjadi saksi kisah yang diceritakannya. Penerapan konsep akan digambarkan melalui flashback dan voiceover dalam skenario “GUNARDI”

Full Text:

PDF

References


Gianetti, Louis. Understanding Movies; 9th edition. New Jersey: Prentice Hall: 2001

Krevolin, Richard. How to Adaptation Anything into a Screenplay. Bandung: PT.Mizan Pustaka. 2003.

Fachruddin, Andi. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2015.

Sumber Wawancara

Wulan Mayastika – Anak bungsu dari Gun Jack (Januari, 2017)

Dyah Safitri – Istri Gun Jack (Januari, 2017)

Andriana – Anak dari salah satu anggota BIN (Desember, 2017)


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.