Analisis Efektivitas Montage Sequence untuk Menunjukkan Pemadatan Waktu pada Film “Hot Fuzz”

Raden Harsono Budiprasetya, Lucia Ratnaningdyah, Arif Sulistiyono

Abstract


Sebuah film umumnya menggunakan teknik editing yang dinamakan ellipsis (pemadatan waktu), ellipsis adalah teknik yang menghilangkan beberapa porsi dari suatu adegan yang dianggap tidak mempengaruhi naratif secara signifikan untuk menghemat waktu. Terdapat salah satu cara untuk membentuk ellipsis yang dinamakan montage sequence. Montage sequence adalah serangkaian shot yang menunjukkan suatu rangkaian proses dari sebuah adegan yang terbilang lama menjadi lebih pendek.

Film “Hot Fuzz” adalah salah satu film yang cukup banyak menggunakan montage sequence dalam membentuk ellipsis. Umumnya penggunaan montage sequence dalam satu film tidaklah banyak dan dalam rentang yang cukup berjauhan. Namun pada film “Hot Fuzz” karya sutradara Edgar Wright ini justru terlihat dominan menggunakan banyak montage sequence dalam rentang yang berdekatan. Karena alasan tersebut film ini dipilih sebagai objek penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan mengidentifikasi dan menganalisis efektivitas semua montage sequence yang ada dalam film tersebut.

Penelitian ini melakukan analisis terhadap keefektifan montage sequence dengan cara mengamati esensi adegan dan unsur pembentuk montage sequence. Berdasarkan analisa yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa montage sequence yang muncul dalam film “Hot Fuzz” dapat secara efektif memadatkan waktu. Durasinya cepat dan dapat mempertahankan inti esensi dari adegan yang dipadatkan. Montage sequence pun turut membantu dalam hal seperti pendukung kesan komedi dan pembentuk suasana.

References


Beaver, Frank. 1994. Dictionary of Film Term. New York: Twayne Publishers

Bordwell, David dan Kristin Thompson. 2013. Film Art an Introduction. New York: Mc Graw Hill

Dancyger, Ken.1997. The Technique of Film and Video Editing. Boston: Focal Press

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film Edisi 2. Yogyakarta: Homerian Pustaka

Reisz, Karel dan Gavin Millar. 2010. The Technique of Film Editing. Oxford: Elsevier

Sumarno, Marselli. 1996. Dasar-dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Thompson, Roy. 1992. Grammar of the Edit. Oxford: Focal Press

Thompson, Roy. 2009. Grammar of the Shot. Oxford: Focal Press


Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.