DAMPAK FOTOGRAFI JURNALISTIK DI SURAT KABAR NASIONAL PADA MASA KAMPANYE PEMILIHAN DAERAH DKI JAKARTA DALAM MEMENGARUHI PEMILIH

Ignasius Liliek Senaharjanta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat seberapa besar dampak foto jurnalistik dalam memengaruhi pemilih, terutama pada masa pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta putaran kedua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kerangka teoretis dalam penelitian ini menggunakan konstruksi sosial dan agenda setting untuk mengetahui bagaimana media melakukan konstruksi pada saat melakukan pemberitaan pada masa kampanye pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa surat kabar Kompas dan Republika dalam memublikasikan pemberitaan pemilihan kepala daerah DKI Jakarta memiliki agenda yang berbeda. Kompas, dalam pemberitaannya tampak memihak kepada salah seorang kandidat calon kepala daerah, namun masih memberikan porsi seimbang untuk publikasi dari pasangan kandidat calon kepala daerah yang lain. Sementara itu, Republika memberikan  perhatian lebih terhadap salah satu pasangan kandidat calon kepala daerah DKI Jakarta. Pemberitaan yang ditampilkan dalam bentuk visual foto jurnalistik banyak didominasi oleh pasangan salah satu calon kepala daerah DKI Jakarta. Foto jurnalistik akan memiliki dampak atau pengaruh untuk membentuk opini publik atau pemilih, apabila foto mengenai sebuah isu diberitakan secara terus-menerus oleh media.

Kata kunci: foto jurnalistik, pilkada DKI, konstruksi sosial, agenda setting

 

Abstract

The Impacts of Photojournalism in Local Newspaper During The Jakarta Regional Head Election Campaign in Influencing The Voters.  This research aims to analyze the impact of photojournalism in influencing the voters especially during the regional head election on the second round.  This research was conducted using qualitative method. The theoretical framework used in this research was social construction and agenda setting to analyze how the media have constructed the news and published it during the regional election. Based on the result and the discussion of this research, it could be concluded that Kompas and Republika newspaper had different agenda in publishing news on Jakarta regional election. Kompas, although seems to tend on one of the candidates, still published proportional information for both candidates, whereas Republika gave more portion towards one specific candidate. The publication presented on the newspaper especially photos of one specific candidate dominated the news release. Photojournalism will give impacts and influences for the voters' public opinion when it is published continuously by the media.

Keywords: photojournalism, Jakarta regional election, social construction, agenda setting


Full Text:

PDF

References


Baran, S. J. (2010). Introduction to Mass Communication: Media Literacy and Culture. New York: McGraw Hill.

Basrowi & Sukidin. (2003). Metode Penelitian Perspektif Mikro: Grounded Theory, Fenomenologi, Etnometodologi, Etnografi, Dramaturgi, Interaksi Simbolik, Hermeneutik, Kontruksi Sosial, Analisis Wacana, dan Metodologi Refleksi. Surabaya: Insan Cendekia.

Bungin, M. B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Eriyanto. (2011). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: Lkis.

Griffin, E. (2009). First Look at Communication Theory. New York: McGraw Hill.

Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik Edisi I. Jakarta: Granit.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W. & Foss, K. A. (2008). Teori Komunikasi:Theories of Human Communication. Edisi 9. Terj. Mohammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika.

Ngangi, C. R. (2011). ‘Kontruksi Sosial dalam Realitas Sosial’. ASE

Journal, Volume 7 Nomor 2, Mei 2011.

Poloma, M. (2004). Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, J. (1998). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tamburaka, A. (2013). Agenda Setting Media Massa. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v2i1.2461

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN: 2614-3477 (CETAK)   ||   ISSN: 2615-0433 (ONLINE)