Penerapan Pembelajaran SBDP Materi Seni Tari Kelas V B SD Negeri Nogopuro

Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, Shinta Melia Khorini'mah, Khofifah Indah Permatasari

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu ditemuinya permasalahan dalam pebelajaran SBdP pada materi seni tari di kelas VB. Pandemi menjadi latar belakang tidak efektifnya pembelajaran praktik, hal ini yang menjadi kajian masalah tentang bagaimana mengembalikan pembeljaran praktik seni tari menjadi efektif kembali.Penelitian ini menggunakan Metode diskriptif kualitatif. Penelitian ini menerapkan trianggulasi data dan sumber data sebagai bahan uji keabsahaan. Hasil penelitian akan mendiskripsikan tentang bentuk penerapan pembelajaran SBDP seni tari pada kelas V B SD Negeri Nogopuro, yang meliputi perencanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran SBdP seni tari menggunakan model pembelajaran kooperatif dan evaluasi pembelajaran seni tari berupa penilaian dalam bentuk pementasan tari kreasi daerah. Hasil kedua mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran seni tari di kelas VB yang meliputi sisi peserta didik, sisi guru dan sisi lingkungan sekolah. Hasil belajar penerapan pada materi seni tari di kelas VB SD Negeri Nogopuro menunjukan peserta didik menari dengan percaya diri, kemampuan peserta didik menghafal nama-nama tarian cuku bagus tetapi masih kurang dalam menghafal asal daerah tari, peserta didik dapat menarikan sesuai dengan iringan, dan peserta didik mampu menentukan kostum serta properti yang sesuai dengan tarian.

Kata kunci: Pembelajaran SBdP, Seni Tari, Sekolah Dasar


References


Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Hamalik, O. (1999). Kurikulum dan Pembelajaran Edisi I (1st ed.). Bumi Aksara.

Khoirotunnisa, K., & Windarti, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Siswa dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Siswa Kelas IX SMP Paramarta). Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 9(1), Article 1. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/24933

Melati, A. (2021). Indonesian Dance Education in Taiwan: Methods and Experiences as a Teacher. Journal of Urban Society’s Arts, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24821/jousa.v8i2.6152

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, 1.

Putraningsih, T. (2020). Pembelajaran Tari di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta: Kajian Embodiment dan Multikulturalisme. Dance and Theatre Review: Jurnal Tari, Teater, Dan Wayang, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24821/dtr.v3i1.4411

Putri, D. A., & Desyandri, D. (2019). Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.51

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar. Dialektika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2.

Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, & Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (12th ed.). Remaja Rosda Karya.

Syaidah, H. R., & Kurniawan, E. Y. (2021). Peran Pembelajaran Seni Tari Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa Kelas V Sdn Kosambi I Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3894

Yeniningsih, T. K. (2018). Pendidikan Seni Tari: Buku untuk mahasiswa. Syiah Kuala University Press.




DOI: https://doi.org/10.24821/dtr.v6i2.9443

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Flag Counter