Lagu 'Sikap Berdoa' Sebagai Upaya Pendidikan Karakter Islami Anak Usia Dini

Pola Katelu, Suryati Suryati, Reza Ginandha Sakti

Abstract


Penanaman pendidikan karakter islami khususnya ilmu Tauhid atau keesaan Tuhan sejak usia dini merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya demoralisasi. Dengan penanaman nilai tersebut, anak akan terbiasa untuk beribadah dimulai dari terbiasa bersikap dengan baik dan benar ketika berdoa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lagu ‘Sikap Berdoa’ sebagai upaya pendidikan karakter islami pada anak usia dini serta bermaksud untuk mengetahui hasil dari pemanfaatan lagu tersebut yang dipadukan dengan area Montessori practical life dalam pendidikan karakter islami di KBTK Alifa Muslim Montessori Yogyakarta. Untuk mencapai dua tujuan penelitian tersebut, dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu lagu ‘Sikap Berdoa’ diberikan pada anak melalui tahap demonstrasi, tahap simulasi, dan tahap pembiasaan. Hasil yang dicapai dari tahap-tahap tersebut ialah berhasil membiasakan siswa playgroup untuk melakukan sikap berdoa dengan baik dan benar sehingga visi misi sekolah dapat tercapai yaitu membentuk karakter islami pada anak khususnya senang beribadah. Keberhasilan tersebut didukung oleh dua faktor, yaitu peran orang tua di rumah dan kegigihan para guru serta faktor penghambat yaitu suasana hati anak yang mudah berubah-ubah, lingkungan keluarga, serta keterlambatan perkembangan kemampuan anak.

 

The Song 'Sikap Berdoa' as an attempt of Islamic Character Education for Early Childhood

The cultivation of Islamic character education, especially the concept of Tawhid or the oneness of God from an early age, is one of the attempts to prevent demoralisation. By cultivating this value, children will get used to worship, start from getting used to behave properly and correctly when praying. This study aims to describe the use of the song 'Sikap Berdoa' as an attempt to educate Islamic character in early childhood and intends to find out the results of the use of the song combined with the practical life as one of the Montessori areas in Islamic character education at KBTK Alifa Muslim Montessori Yogyakarta. To achieve these two research purposes, qualitative methods and case study approaches were used as well as data collection techniques through interviews, observations, and literature studies. The results of the research conducted are the song 'Sikap Berdoa' given to children through the demonstration stage, the simulation stage, and the habituation stage. The results achieved from these stages are successfully accustoming playgroup students to perform prayer attitudes properly and correctly so that the school's vision and mission can be achieved, which is to form Islamic characters in children, especially fond of worship. This success is supported by two factors, which are the role of parents at home and the persistence of teachers while also the inhibiting factors, which are the easily fluctuating mood of children, the family environment, and the delay in the development of children's abilities


Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2021). Hakikat Anak Usia Dini. In Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.

Diva Lufiana Putri. (2022, July 26). Hari Ini dalam Sejarah: Lahirnya Pak Kasur, Tokoh Pendidikan Indonesia. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/26/090200865/hari-ini-dalam-sejarah--lahirnya-pak-kasur-tokoh-pendidikan-indonesia?page=all

Eliyyil Akbar. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini (1st ed.). Prenada Media.

Elytasari, S. (2017). ESENSI METODE MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2045

Kuntjojo. (2010, June 30). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Wordpress. https://ebekunt.wordpress.com/2010/06/30/konsep-konsep-dasar-pendidikan-anak-usia-dini-3/

Lee Gutek, G. (2004). The Montessori Method: The Origins of an Educational Innovation: Including an Abridged and Annotated Edition of Maria Montessori’s The Montessori Method.

Mertayasan, I. W., & I Ketut, S. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jayapangus Press. http://jayapanguspress.org

Prima, E. (2018). Pengaruh Ritme Otak dan Musik dalam Proses Belajar. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 43–57. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1351

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Trudie Aberdeen. (2013). Yin, R.K. (2009) Case study research Design and methods (4th Ed.). Canadian Journal of Action Research, 14(1), 69–71.

Yeni, I. (2018). Development of Moral and Religious Values for Children through Singing Themed Islamic Songs. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research (ASSEHR), 169.


Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA