Video Tutorial Bermain Keyboard Sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Kelas IX

Fahrizal Adi Nugroho, Suryati Suryati, Lingga Ramafisela

Abstract


Pendidikan formal tingkat SMP memberikan berbagai macam pembelajaran yang wajib diikuti oleh siswa salah satunya pembelajaran seni musik yang terintegrasi dalam mata pelajaran Seni Budaya. Pembelajaran seni musik dalam mata pelajaran Seni Budaya di SMPN 9 Blitar, ditemukan permasalahan materi pembelajaran yang diberikan hanya teori. Selain hal tersebut, di SMPN 9 Blitar juga terdapat fasilitas keyboard yang tidak digunakan baik pada pembelajaran kurikuler maupun ekstrakurikuler. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan video tutorial “Bermain Keyboard dengan Lagu To The Bone – Pamungkas” yang digunakan sebagai media pada pembelajaran seni musik dalam mata pelajaran Seni Budaya. Video tutorial tersebut merupakan salah satu video yang dapat diakses melalui kanal Youtube Belajar Bermain Keyboard. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses dan hasil dari pemanfaatan video tutorial tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas IX A SMPN 9 Blitar dengan 6 siswa yang terpilih menjadi partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 6 siswa tersebut berhasil memainkan lagu To The Bone pada keyboard. Pemanfaatan video tutorial “Bermain Keyboard dengan Lagu To The Bone – Pamungkas” berhasil meningkatkan pembelajaran seni musik dalam mata pelajaran Seni Budaya di SMPN 9 Blitar yang sebelumnya hanya terfokus pada materi teori dapat ditingkatkan dengan praktik bermain instrumen, serta keyboard yang tersedia dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.

 

A Tutorial Video on Playing the Keyboard as a Music Learning Media for Grade IX

A formal education for junior high school level provides various kinds of subjects which require students to take them. One of which is music which is integrated into the subject of Seni Budaya. Learning music at SMPN 9 Blitar has problem with the learning material which only focus on the theory.Besides, there is a keyboard which is not used either in curricular or extracurricular learning. Therefore, this research provides an effort to overcome those problems by utilizing a tutorial video "Bermain Keyboard dengan Lagu To The Bone - Pamungkas" as a learning media. The tutorial video is able to be accessed through YouTube channel “Belajar Bermain Keyboard”. The purpose of this research is to analyze the process and the results of utilizing the tutorial video. The research used qualitative research with a case study approach. The research was conducted at class IX A SMPN 9 Blitar with 6 students who were selected as participants. The results of this research indicated that the 6 students managed to play the song To The Bone on the keyboard. The use of the tutorial video "Bermain Keyboard dengan Lagu To The Bone - Pamungkas" had succeeded in increasing the learning of music at SMPN 9 Blitar. The material previously only focused on the theory but now it could be improved to practice in playing the instrument. Moreover, the keyboard could be used in the learning process.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (A. Rahman, Ed.; 20th ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong, Ed.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Harumawati, D. M., & Yermiandhoko, Y. (2018). Efektivitas Media Video Tutorial Recorder Terhadap Keterampilan Bermain Recorder Siswa Kelas VI SDN Wringinanom 2 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10).

Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif, 4(1).

Putra, A. A. P., & Syeilendra. (2020). Belajar Pianika Pada Pembelajaran Seni Musik Di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Sendratasik, 9(4), 223–236. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jsu.v9i1.109637

Rachman, A., & Lestari, W. (2012). Bentuk Aransemen Musik Keroncong Asli Karya Kelly Puspito dan Relevansinya Bagi Remaja dalam Mengembangkan Musik Keroncong Asli. Chatarsis: Journal of Arts Education, 1(2).

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Musik untuk Siswa SMP. In Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/tp.v1i2.2526

Sari, D., & Marzam. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 1 Sumbar. Jurnal Sendratasik, 9(1), 16–23. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jsu.v8i3.108138

Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Holt, Rinehart and Winston.

Wibowo, H. C. (2022). Mudahnya Bermain Keyboard (Z. A. U., Ed.; 1st ed.). Checklist.


Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA