Penerapan Metode Solfeggio Dalam Pelatihan Paduan Suara Parompuan HKBP Petukangan
Abstract
Paduan Suara merupakan salah satu bentuk pelayanan di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Petukangan, yang dilakukan pada susunan tata ibadah ataupun untuk jemaat. Dalam pelaksanaan pelayanan tersebut dilakukan oleh delapan kelompok paduan suara di gereja ini, salah satunya yaitu kelompok Paduan Suara Parompuan. Kegiatan persiapan pelayanan yang dilakukan pada kelompok ini dipimpin oleh seorang pelatih paduan suara, namun dalam pelaksanaan proses pelatihan ditemukan permasalahan yaitu kurang terasahnya kemampuan mendengarkan, membaca, serta menyanyikan melodi dan ritmik anggota paduan suara. Hal ini disebabkan metode yang digunakan sebelumnya kurang maksimal, sehingga dalam bernyanyi anggota paduan suara mengalami kesalahan intonasi serta nilai nada saat proses latihan ataupun pelayanan. Dalam mengatasi hal ini dilakukan melalui penerapan metode solfeggio yang meliputi unsur ear training (mendengarkan), sight reading (membaca), serta sight singing (menyanyikan). Adapun tujuan peneltian ini yaitu mendeskripsikan proses penerapan metode solfeggio beserta hasil dalam kegiatan pelatihan Paduan Suara Parompuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus retrospective. Subjek dalam penelitian ini meliputi 40 orang anggota paduan suara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa penerapan metode solfeggio dapat meningkatkan kemampuan anggota paduan suara dalam mendengarkan, membaca, serta menyanyikan melodi dan ritmik. Hal ini dilihat dari peningkatan kemampuan anggota dalam mendengarkan melodi disetiap pertemuan, baik pada latihan sesi pemanasan ataupun materi lagu, sehingga mampu bernyanyi dengan intonasi dan nilai nada yang tepat.
Application of Solfeggio Method in Parompuan Choir Training at HKBP Petukangan
Petukangan, which is included in the liturgy or done for the congregation. The service is performed by eight choir groups, one of which is the Parompuan Choir. The preparation for service done in this group is led by a choir director, but a problem is found during rehearsals concerning the lack of skills in hearing, reading, and singing melodically and rhythmically among the members of the choir. This is because the previous method used in rehearsals was not optimal, and it resulted in mistakes in intonation and note values during rehearsals as well as services. To solve this problem, the method of solfeggio is applied by means of ear training (hearing), sight reading (reading), and sight singing (singing). The goal of this research is to describe the process of applying the solfeggio method along with its results in the rehearsals of Parompuan Choir. Qualitative method is used in this research by employing the approach of retrospective case study. 40 choir members are the subjects of this research. The data collection is done through observations, interviews, and documentations. The analysis is done through data reduction, data presentation, and the drawing of conclusion. The results show that the application of solfeggio method can enhance the skills of the choir members in hearing, reading, and singing melodically and rhythmically. This is observed from the improvements on the melodic hearing skills in every rehearsal, both during vocalising sessions and song materials, which have enabled them to sing with precise intonation and note values.
Full Text:
PDFReferences
P. B. Pardede, “Koor Di Huria Kristen Batak Protestan Analisis (Sejarah, Fungsi, dan Struktur Musik,” Universitas Sumatra Utara, 2011.
R. Hidayatullah, SOLFEGIO; Sebuah Pengantar Teori Musik, Edisi Pert. arttex, 2021.
N. Baragwanath, The Solfeggio Tradition A Forgotten Art Of Melody In The Long Eighteenth Century. New York: Oxford University Press, 2020.
T. Deniz, “Ear Training Approach in The Context Of ‘Do To Do’ Scale in Music Education,” Turkish Online J. Educ. Technol., no. October, pp. 961–966, 2017.
H. Hidayatullah Riyan, Dasar-dasar musik. Yogyakarta: arttex, 2016.
P. Sudibyo, Teknik Dasar Bermain Keyboard, 1st ed. Jakarta: Puspa Swara, 2006. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=oYj74560Pp8C&pg=PA25&lpg=PA25&dq=sight+singing+menurut+sudibyo&source=bl&ots=erQphIPLeF&sig=ACfU3U1Fytj1VXl4TMHBT3CgzG-Kz3ZVBQ&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi58qTXwtH-AhUu-DgGHf56ADwQ6AF6BAgnEAM#v=onepage&q=sight singing menuru
N. Y. Gea, Y. K. Utomo, and H. Feritrio, “Penerapan Metode Solfegio Pada Pembelajaran Vokal Paduan Suara Gereja,” J. Theol. Students, vol. 11, no. 1, pp. 37–43, 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2nd ed. Alfabeta, 2022.
Rahardjo, Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. 2017.
C. Gonzo, “Choral Techniques,” Music Educ. J., vol. 62, no. 5, pp. 93–96, 1976, doi: 10.2307/3394993.
Article Metrics
Abstract view : 106 timesPDF - 342 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA