Instrumen Unconventional sebagai Media Pembelajaran Musik di Pendidikan Anak Usia Dini Mawar Bojonegoro

Mawar Bojonegoro Annisa Alya Wijaya, Ayu Tresna Yunita, Lingga Ramafisela

Abstract


Instrumen unconventional merupakan sebuah media pembelajaran berupa alat musik yang dibuat melalui pemikiran kreatif untuk menunjang pembelajaran musik di pendidikan anak usia dini (PAUD). Instrumen unconventional yang dimaksud dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar lingkungan. Pembelajaran musik pada PAUD mempelajari tentang materi irama atau ritme. Musik yang diajarkan di PAUD dilakukan untuk menambah pengalaman bermusik melalui eksplorasi bunyi dan tidak menjadikan anak seorang musisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAUD dan anak usia 3-4 tahun dengan jumlah 8 anak. Pengumpulan data yang dilakukan melalui Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen, dengan teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan instrumen unconventional relevan sebagai media pembelajaran musik pada PAUD dengan menyesuaikan tema pembelajaran pada setiap pertemuannya.

 

Unconventional Instrument as Music Learning Media at PAUD Mawar Bojonegoro

Unconventional instrument is a learning media in the form of musical instruments made through creative thinking to support music learning in early childhood education (PAUD). Unconventional instrument are meant by utilizing goods that are around the environment. Music lessons in PAUD learn about rhythm. Music that taught in PAUD is to add musical experience through sound exploration and not make a children to be a musician. This research method uses a qualitative method with a case study approach. The subjects of this research are PAUD teachers and children aged 3-4 years with a total of 8 children. The data obtained through observation, interviews, and document studies, with technical data analysis through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results show that the use of unconventional instruments is relevant as a music learning media at PAUD by adjusting the learning theme at each meeting.


Full Text:

PDF

References


Hainstock, E. G. (1997). Teaching Montessori in the Home: The Pre-School Years (p. 115).

Priyatno, S. U. (2013). “Pendidikan Musik untuk Anak Usia Dini.” Pendidikan Sendratasik, 2.

Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sujiono, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Ar-Rainry, 96–100. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555


Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA