PERAN SYMMETRICAL SCALE DALAM TEKNIK BERIMPROVISASI PIANO JAZZ

Jordan Filbert Hansel Turnip, Josias Tuwondai Adriaan, Agnes Tika Setiarini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan improvisasi vokal scat singing dalam lagu daerah Batak Karo Mbiring Manggis untuk mengembangkan interpretasi vokal dalam lagu tersebut. Pada umumnya scat singing jarang ditemui dalam aransemen musik tradisional khususnya lagu daerah Karo. Namun, pada zaman modern ini sudah banyak musisi muda yang menggabungkan dan mengolaborasikan lagu daerah dengan gaya musik jazz guna menciptakan gaya dan warna musik baru. Penulis berharap dalam hubungan scat singing dengan interpretasi vokal dalam penelitian ini dapat menciptakan alternatif gaya aransemen baru dalam musik daerah Karo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kasus dalam penelitian ini adalah bagian scat singing pada lagu Mbiring Manggis. Hasil dari penelitian ini, penerapan scat singing mendukung interpretasi yang mendalam sehingga pesan dari lagu mengenai kebahagiaan dan keceriaan tersampaikan dengan baik. Scat singing diterapkan dengan penyesuaian-penyesuaian, sehingga tidak merusak karakteristik utama dalam lagu Mbiring Manggis.


Full Text:

PDF

References


Biles, J. A. (2002). GenJam: Evolution of a jazz improviser. In Creative evolutionary systems (pp. 165-187). Morgan Kaufmann.

Dean-Lewis, T. (2001). Playing outside: excursions from the tonality in jazz improvisation (Doctoral dissertation, City University London).

Haerle, D. (1980). The jazz language. Miami: Studio 224.

Kamoche, K., & Cunha, M. P. E. (2001). Minimal structures: From jazz improvisation to product innovation. Organization studies, 22(5), 733-764.

Koblick, R. (2013). Jazz Fake-books as a Resource in the General Library. Collection building, 32(4), 139-144.

Levine, Mark. The jazz piano book. “ O’Reilly Media, Inc.”, 2011.

McFarland, Mark. “Transpositional combination and aggregate formation in Debussy.” Musik Theory Spectrum 27.2 (2005): 187-220.

McGill, Thomas Scott. “Dennis Sandole’s Unique Jazz Pedagogy.” (2013).

McGill, S. (2016). Schoenberg Meets Slonimsky: The Symmetrical Twelve-Tone Set from Arnold Schoenberg’s Serenade: Op. 24 Mvmt. 5 ‘Tanzscene’and Some Considerations for Jazz/Fusion Improvisation.

Mock, Don. Guitar secrets: melodic minor revealed. Alfred Musik Publishing, 1998.

Pfleiderer, M., Frieler, K., Abeßer, J., Zaddach, W. G., & Burkhart, B. (2017). Inside the Jazzomat. New Perspectives for Jazz Research

Sasongko, J. C. (2017). Penerapan Pendekatan Improvisasi Chordal Pada Piano Jazz (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Stover, C. (2014). Jazz harmony: a progress report. Journal of Jazz Studies, 10(2), 157-197.

Szwed, John F. “Memahami dan menikmati Jazz.” Gramedia Pustaka Utama (2008).

Tymoczko, D. (1997). The consecutive-semitone constraint on scalar structure: A link between impressionism and jazz. Intégral, 135-179.

Yamaguchi, Masaya. Synthetic Scales for Jazz Improvisation: Two-Octave and Multi-Octave Scales. Masaya Musik, 2013.

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20151128072452-227-94601/gara-gara-grogi-adele-kesulitan-berimprovisasi


Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA