"Let Me Tell You About Yogyakarta" Komposisi Musik Sebagai Representasi dari Multikulturalisme di Yogyakarta

Kyla Geraldine Hartadi, Kardi Laksono, Maria Octavia Dewi

Abstract


Karya musik “Let Me Tell You About Yogyakarta” adalah sebuah karya musik yang merepresentasikan multikulturalisme yang terjadi di Yogyakarta. Budaya dari berbagai macam daerah yang masuk di Yogyakarta, menjadi sebuah ide utama penulis dalam menyusun karya musik tersebut. Penciptaan karya musik tersebut melalui berbagai macam tahapan mulai dari tahap penentuan judul, observasi, eksplorasi, pememtuan instrumentasi, penyusunan konsep dan sketsa, serta penulisan notasi ke dalam aplikasi komputer. Pada karya musik tersebut, terdapat tiga bagian mengenai introduksi, multikulturalisme, dan keberagaman. Multikulturalisme direpresentasikan dengan cara mengadaptasikan permainan instrumen dari berbagai budaya, ke dalam instrumen musik khas Barat. Budaya yang diangkat dalam karya musik tersebut adalah budaya Jawa, Tionghoa, dan juga Barat.

Kata kunci: Budaya, Multikulturalisme, Hibriditas

The musical composition "Let Me Tell You About Yogyakarta" is a musical work that represents multiculturalism that occurs in Yogyakarta. Cultures from various regions that entered Yogyakarta became the author's main idea in compiling this piece of music. The creation of the musical work goes through various stages starting from the stage of determining the title, observation, exploration, choosing instrumentation, drafting concepts and sketches, and writing notations into computer applications. In this piece of music, there are three sections regarding introduction, multiculturalism, and diversity. Multiculturalism is represented by adapting playing instruments from various cultures into typical Western musical instruments. The culture raised in the piece of music is Javanese, Chinese, and also Western.

Keywords: Culture, MulticulturalismHybridity

 

 


Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2019). ANALISIS EKSPLORASI KOTA SEBAGAI DESTINASI WISATA. Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial, 1(1).

Akbar, M. B., & Darmawan, W. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Kreatif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 92–98.

Amica, K. A. D., Sugiartha, I. G. A., & Ardini, N. W. (2017). Hibriditas Musikal Pada Komposisi Ardawalika Karya Gustu Brahmanta. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 3(2).

Belkin, A. (2018). Musical composition: Craft and art. Yale University Press.

Dukut, E. M. (2020). Kebudayaan, ideologi, revitalisasi dan digitalisasi seni pertunjukan Jawa dalam gawai. SCU Knowledge Media.

Kunst, J. (2013). Music in Java: Its history, its theory and its technique. Springer.

Lu-Ting, H., & Kuo-Huang, H. (1982). On Chinese scales and national modes. Asian Music, 14(1), 132–154.

Rosyada, D. (2014). Pendidikan multikultural di Indonesia sebuah pandangan konsepsional. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(1), 1–12.

Rubiono, P. (2012). Misteri Pelog & Slendro Studi Musik Pentatonis di Banten. Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Sandyka, M. (2022). “ Lux Aeterna Variations”: Komposisi Musik Bentuk Tema dan Variasi dalam Format Orkestra. ISI Yogyakarta.

Surtihadi, R. M. (2014). Instrumen Musik Barat dan Gamelan Jawa dalam Iringan Tari Keraton Yogyakarta. Journal of Urban Society’s Arts, 1(1), 27–43.


Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA