Penerapan Konsep Improvisasi Bass Elektrik Menggunakan Modus Dorian, Phrygian, Aeolian pada Lagu “Shape Of You”Karya Ed Sheeran

Juang Kaibigan Bayan, Agoeng Prasetyo, Josias Adriaan

Abstract


Tugas akhir ini merupakan penelitian yang membahas tentang praktik improvisasi pada instrumen bass elektrik dengan konsep pendekatan tiga modus yaitu modus dorian, phrygian, dan aeolian. Ketiga modus tersebut akan diimplementasikan dalam permainan solo bass elektrik oleh penulis pada lagu berjudul “Shape Of You” karya Ed Sheeran. Lagu tersebut dibawakan dalam tangga nada F Mayor dengan format kwartet yaitu bass elektrik, keyboard, dan drum. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode penelitian kualitatif guna memperoleh hasil penelitian berupa pemaparan yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah konsep ketiga modus yaitu dorian, phrygian, dan aeolian pada bagian interlude mampu membuat grafik tensi dalam lagu “Shape Of You” menjadi lebih inovatif dan tidak monoton.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, Ignatius Made. 2017. Analisis Permainan Double Bass Ray Brown Pada Lagu “The Day Of Wine and Roses”. Skripsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Apel, Willi. (1974). Harvard Dictionary of Music: Second Edition, Revised and Enlarged. Cambridge, Massachusetts: The Belknap Press of Harvard University Press.

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Harjana, Suka. 2004. Esai dan Kritik Musik. Yogyakarta: Galang Press.

Hartananda, Akbar Krispaniar. 2017. Penerapan Konsep Walking Bass Pada Instrument Bass Elektrik Dalam Jazz Blues. Skripsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Hutama, Naradian Putra. 2015. Analisis Improvisasi Jazz Bass Elektrik Pada Lagu “My Angelita” Karya Barry Likumahuwa. Skripsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Laird, Rick. 1980. Improvising Jazz Bass. Music Sales Corp.

Marienthal, Eric. Comprehensive Jazz Studies and Excersises.USA: Warner Bros Music.

Nugroho, Ruben Himawan. 2017. Analisis Improvisasi Lagu “Infinite Grace” Pada Bass Elektrik Oleh Junior Ribeiro. Skripsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Runtulalo, Otniel.,dkk. 2021. Teknik Permainan Bass Billy Sheehan dalam Lagu “Daddy, Brother, Lover, Little Boy”. dalam jurnal Kompetensi: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni, Vol.1, No.12, hal 1-9.

Sema, Daniel. 2019. Modus Dorian: Sebuah Alternatif Bagi Penciptaan Hymn. dalam jurnal Tonika, Vol.2, No.1, hal 48-62.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Szwed, John F.2008. Memahami dan Menikmati Jazz. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Wandy, Onny - Yusuf, Muhammad. Analisa Teknik Penyajian Saxophone Pada Lagu Moody’s Mood For Love Karya James Moody yang Diinterpretasikan Oleh HKBP Nommensen.


Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA