PROSES PEMBELAJARAN KARYA SENDRATARI MERAS GANDRUNG DI SMK NEGERI 1 BANYUWANGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Sendratari Mêras Gandrung di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Permasalahan yang mendasari penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran guru dan siswa dalam mengembangkan materi pembelajaran tari Jêjêr Gandrung dalam pertunjukan Sendratari Mêras Gandrung, selain dijadikan sebagai hasil proses pembelajaran juga sudah tercantum dalam kalender wisata Banyuwangi yang selalu mengadakan pertunjukan rutin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sendratari Mêras Gandrung di SMK Negeri 1 Banyuwangi meliputi 1) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi, 2) tahapan pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung, 3) pembagian kegiatan yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung melibatkan siswa secara penuh dalam segala rangkaian kegiatan. Titik fokus dalam proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung adalah kreativitas siswa dalam berpikir dan menciptakan hal baru. Proses pembelajaran Sendratari Mêras Gandrung merupakan tempat yang paling tepat digunakan untuk siswa mengembangkan potensi dan keahliannya, karena siswa tidak hanya belajar satu bidang seni saja tetapi juga mempelajari bidang seni ainnya.
Kata kunci: proses pembelajaran, sendratari meras gandrung
The problem underlying this research is the role of theacher and students in develope learning materials for the Jêjêr Gandrung dance in the Sendratari Mêras Gandrung performance so that besides beingused as a result of the learning processit is also included in the Banyuwangi tourist calendar which always holds regular performances. The purpose of this study is to describe the process of learning the Sendratari Mêras Gandrung at SMK Negeri 1 Banyuwangi. This study uses a qualitative method with a case study research type. The results of the study show that the learning process of the Sendratari Meras Gandrung at SMK Negeri 1 Banyuwangi include 1) the learning method used by the teacher in delivering the materials 2) the learning stages of the Sendratari Mêras Gandrung 3) the division of activities that are applied in the learning process. The learning process by Sendratari Mêras Gandrung fully involves students in all series of activities. The focal point in the learning process of Sendratari Mêras Gandrung work is the students creativity in thinking and creating new things. The learning process of Sendratari Mêras Gandrung is the most appropriate place for students to develop their potential and expertise, because students do not only learn one art field but also learn other art fields.
Keywords: learning process, sendratari meras gandrung
Full Text:
PDFReferences
Agustin, D. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal Sejarah Tari Gandrung Banyuwangi serta Pemanfaatanya sebagai Bahan Ajar Menyimak Kelas V SD. Skripsi. Universitas Jember.
Dzaki, E. A. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid-19di SMPN 3 Karangan Trenggalek. Skripsi. IAIN Kediri.
Faturahman, W. (2022). Representasi Watak Manusia pada 10 Wajah Tokoh Rahwana. Jurnal Seni dan Pendidikan Seni Vol. 2, No. 1. Program Pendidikan Seni Tari STKIP PGRI Banjarmasin.
Hadi, S. (2012). Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media.
Muflihah, N. (2022). Dinamika Perkembangan Tari Gandrung Pada Masyarakat Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi Tahun 1970-2002. Skripsi. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Mustafa, S. P. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Mojokerto: Insight Mediatama.
Sandi, V.N. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD Vol. 8, No. 2.
Subari, L., & Widianto, S. (2020). Peran Ritual Meras Gandrung di Banyuwangi dalam Membentuk Kualitas Kepenarian. Jurnal Satwika Vol. 4, No. 2.
Sundari., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda Vol. 3, No. 2. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 62 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA