NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI NAWUNG SEKAR DI YPBSM

Sri Galuh Daneswari, Gandung Djatmiko, Ujang Nendra Pratama

Abstract


Tujuan pada penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Tari Nawung Sekar agar dapat dilakukan di kehidupan sehari-hari oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan desain/jenis studi kasus. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu perkembangan zaman saat ini sangat berpengaruh di bidang seni yang mengakibatkan penurunan karakter serta minat peserta didik untuk belajar tari klasik berkurang. Terutama pada anak-anak sekarang yang menjadi sasaran dalam perkembangan zaman saat ini. Hasil penelitian ini ditemukannya 8 nilai-nilai pendidikan karakter dalam Tari Nawung Sekar meliputi nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, cinta damai, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan mandiri. Nilai tersebut dapat dijadikan pedoman untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Dengan demikian pendidikan karakter sangat dibutuhkan sebagai upaya untuk anak-anak dalam mengembangkan karakter serta mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Penanaman pendidikan karakter dapat diwujudkan di pembelajaran seni tari salah satunya Tari Nawung Sekar. Tarian tersebut diajarkan di YPBSM (Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa). YPBSM mengajarkan Tari Nawung Sekar memiliki 2 kata nawung artinya kegiatan dan sekar artinya bunga. Tarian tersebut diajarkan untuk anak-anak putri mulai dari umur 5-13 tahun.

kata kunci: nilai-nilai, pendidikan karakter, Tari Nawung Sekar, YPBSM

The purpose of this study is to describe the values of character education in the Nawung Sekar Dance so that students can practice them in everyday life. This study used a qualitative research method, with a case study design/type. The problem behind this research is that the development of the current era is very influential in the field of art which results in a decrease in the character and interest of students to learn classical dance. Especially in today's children who are being targeted in the current development of the era. The results of this study found 8 values of character education in the Nawung Sekar Dance including religious values, tolerance, discipline, hard work, love of peace, curiosity, love of the motherland, and independence. These values can be used as guidelines to be applied in everyday life. Thus character education is urgently needed as an effort for children to develop character and create a cultured nation through the cultivation of character education values. The cultivation of character education can be realized in dance learning, one of which is the Nawung Sekar Dance. The dance is taught at YPBSM (Pamulangan Beksa Sas Minta Mardawa Foundation). YPBSM taught the Nawung Sekar dance to have 2 words, nawung meaning activity and sekar meaning flower. The dance is taught to girls from the age of 5-13 years.

keywords: values, education character, dance Nawung Sekar, YPBSM


Full Text:

PDF

References


Aisyah, (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Borg, J. (Ah). (2020). Buku Pintar Memahami Bahasa Tubuh. Yogyakarta: Noktah.

Creswell, J.W. (2021). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Harahap, Adhe Chita Putri. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling (1). Hlm, 1-11. Volume 9. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i1.6732. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayani Quran Kuningan.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putry, Raihan. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Internasional Journal Of Child and Gender Studies. 1(4) Hlm. 45-46. Volume 4. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/download/4480/2942. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023.

Rafanani, B. (2017). Treik Kilat Membaca Pikiran Orang Lain Lewat Bahasa Tubuh. Yogyakarta: Araska.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. CV BUDI UTAMA.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.

Yayasan Siswa Among Beksa. (1982). Kawruh Joged Mataram. Yogyakarta: Yayasan Siswa Among Beksa.


Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA