PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB DALAM NASKAH DRAMA BINGKISAN ISTIMEWA

Inggridea Suci Larasati, Nur Iswantara, Dilla Octavianingrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter peduli sosial dan tanggung jawab dalam naskah drama Bingkisan Istimewa karya Tembong Siswodiharjo. Hal itu dikarenakan kasus kenakalan remaja berada dalam lingkup sosial dan tanggung jawab pribadi. Terjadinya kasus kenakalan remaja merupakan salah satu bentuk dari kurangnya kesadaran terhadap pendidikan karakter. Hal tersebut dapat memunculkan problematika dalam tatanan norma sosial di masyarakat, maka dari itu diperlukan sebuah solusi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan karakter. Pemahaman nilai pendidikan karakter dapat diterapkan melalui pengenalan naskah drama salah satunya pada naskah drama Bingkisan Istimewa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan analisis isi (content). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam naskah drama Bingkisan Istimewa. Sepuluh nilai pendidikan karakter tersebut adalah peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, religius, kerja keras, jujur, mandiri, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, dan kreatif. Nilai pendidikan karakter peduli sosial dan tanggung jawab menjadi nilai yang dominan dalam struktur dan tekstur naskah drama Bingkisan Istimewa.

Kata kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter, drama, naskah drama bingkisan istimewa

This study aims to find and describe the value of social care and responsibility character education in the drama script Special Gift by Tembong Siswodiharjo. That is because cases of juvenile delinquency are within the scope of social and personal responsibility. The occurrence of cases of juvenile delinquency is a form of lack of awareness of character education. This can raise problems in the order of social norms in society, therefore a solution is needed to increase awareness of the importance of character education. An understanding of the value of character education can be applied through the introduction of drama scripts, one of which is the drama script Special Gift. This study uses qualitative research. Analysis of research data using content analysis (content). Based on the results of the research that has been done, there are ten character education values that are found in the drama script of Special Gift. The ten values of character education are social care, responsibility, tolerance, religious, hard work, honest, independent, friendly/communicative, curious, and creative. The value of social care and responsibility character education is the dominant value in the structure and texture of the drama script of Special Gift.

Keywords: character building, character education values, drama, drama script special gift


Full Text:

PDF

References


Dewojati, C. (2012). Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.

Efendi, R. & Ningsih, A.R. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: CV. Qiara Media.

Hafizhah, F. & Setiawan, H. (2022). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik pada Naskah Drama Pesta Terakhir. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (2), 9-22.

Indonesia. Cable News Network. (2023). 15 Ribu Anak Ajukan Dispensasi Nikah di Jatim, 80 Persen Hamil. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230117151325-20-901499/15-ribu-anak-ajukan-dispensasi-nikah-di-jatim-80-persen-hamil/amp. pada tanggal 22 Januari 2023, Jam 13.00 WIB.

Iswantara, N. (2018). Metode Pembelajaran Pantomim Indonesia. Yogyakarta: Media Kreativa.

______. (2019). Sejarah Teater Timur. Yogyakarta: Media Kreativa.

Jayanti, K., Dharma, B., & Apriani, A. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Naskah Drama Pinangan Karya Anton Checkov Saduran Suyatna Anirun. Jurnal Pendidikan Seni, 4 (1), 92-98.

Musyadad, V.F., Saputro, A.N., & Prihatmojo, A. (2022). Pendidikan Karakter. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rohana, & Indah, N. (2021). Seni Drama. Sulawesi Selatan: Universitas Negeri Makassar.

Zuchdi, D. & Afifah, W. (2019). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory dan Hermeneutika dalam Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA