IMPLEMENTASI NILAI GOTONG ROYONG DAN KEDISIPLINAN PADA PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN

Apsari Eka Safitri, Agustina Ratri Probosini, Antonia Indrawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menerapkan dan mendeskripsikan implementasi nilai gotong royong dan kedisiplinan pada kegiatan  ekstrakurikuler seni karawitan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kondisi alamiah sebagaimana adanya dengan objek penelitian penerapan nilai gotong royong dan kedisiplinan pada pembelajaran ekstrakurikuler seni karawitan di SMP PGRI Semanu. Subjek penelitiannya anggota ekstrakurikuler seni karawitan dan pelatihya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian dalam implementasi nilai gotong royong dan  kedisiplinan pada kegiatan ekstrakurikuler seni karakter adalah perubahan sikap menjadi lebih baik yang ditunjukkan siswa dalam keseharian di sekolah seperti disiplin waktu, konsisten dalam menabuh gamelan, duduk bersila saat menabuh gamelan, mencatat pada buku catatan saat pelatih memberikan materi, membersihkan balai dusun. Nilai gotong royong adalah rukun dengan sesama teman, saling bekerjasama,  saling membantu, mengusung gamelan, dan tabuhan gamelan saling berkaitan.

kata kunci: nilai gotong royong, nilai kedisiplinan, ekstrakurikuler seni karawitan.

The purpose of this research is for apply and describe the implementation oftogetherness value and the dicipline karawitan extraculicular. This research isusing descriptive and qualitative method that did in nature condition researchobject in apply the togetherness and the disiplin on extraculicular activity in SMPPGRI Semanu. The Subject of the research is the extraculicular member and thecoach. We get the collect data from observation, interview, study the activity and documentation. Then the validation is using the technic of tryangulation lesson. The analysis data is using descriptive and qualitative analysis that served with the narrative text and using the Case Study research. this research isimplementation from togetherness value and the disiplin on the extraculicureactivity is the changes of be have to be better and then the student daily activityat school like time management, consistency in playing di instrumen, How to sitdown when playing the instrument, writing the of the coach explanation and then. Clean Up the place after doing the extraculicular activity, to be kind to everyone, keep the Team work, help each other to take the instrument and keep the consistency of the instrument Rhythm. keywoard: Mutual cooperation value, Disciplinary value, Extracurricular, Musical art. 

Full Text:

PDF

References


Gunawan. (2017). Pendidikan Karakter: konsep dan implementasi. Bandung. Alfabeta.

Kurniawan, A. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustari. (2011). Disiplin dalam Pendidikan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Setiaji. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah. Pekalongan: NEM

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, J. (2022). Buku Panduan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral untuk Mengatasi Kedisiplinan Masuk Sekolah. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penulisan Indonesia.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Konsep, Prinsip dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Taufik, M.S., dkk, (2021). Manajemen Penjas. Jawa Barat: Adab.

Widayanti, S., Rokhim, N. & Mustain (eds). (2020). Gotong Royong. Semarang: Alprin.

Wuryandani, W dan Rahmanto, A. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.


Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA