NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERTUNJUKAN SINRILIK I MAKDIK DAENG RIMAKKA DI SANGGAR SENI BONTORAMBA

Imam Kurnia, Agustina Ratri Probosini, Nur Iswantara

Abstract


Pendidikan karakter adalah pondasi utama bagi pendidikan ataupun masyarakat luas. Salah satu kesenian yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter adalah kesenian tutur Sinrilik di Kabupaten Gowa, sulawesi selatan. Tujuan penelitian dalam artikel i ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada pertunjukan Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah pengelola Sanggar Seni Bontoramba, pasinrilik (seniman sinrilik), dan audiens pertunjukan Sinrilik. Teknik validasi yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat pada pertunjukan Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka dapat diperoleh dari naskah, syair, pasinrilik, tata busana pasinrilik, dan audiens pertunjukan Sinrilik kemudian didapatkan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, toleransi, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, dan peduli sosial.

Kata kunci: pendidikan karakter, sinrilik i makdik daeng rimakka, deskriptif kualitatif.

Character education is the main foundation for education or the wider community. One of the arts that contains character education values is the Sinrilik speech art in Gowa Regency, South Sulawesi. The research objective in this article i is to describe the values of character education in the Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka performance. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were the managers of the Bontoramba Art Studio, pasinrilik (syncrilik artists), and audiences of Sinrilik performances. The validation technique used is the triangulation technique. Data analysis uses data collection, data reduction, and presentation of data obtained from primary and secondary sources. The results of this study concluded that the value of character education contained in the Sinrilik I Makdik Daeng Rimakka performance can be obtained from scripts, poetry, pasinrilik, pasinrilik dress, and the audience of the Sinrilik performance then obtained character education values, namely religious values, tolerance, honesty, discipline , hard work, creative, independent, democracy, love of the motherland, national spirit, friendly/communicative, responsible and social care.

Keywords: character education, sinrilik i makdik daeng rimakka, qualitative descriptive.


Full Text:

PDF

References


Iswantara, N. (2019). Sejarah Teater Timur. Yogyakarta: Media kreativa.

Mardian, A. (2021). Interaksi Musikal Sinrilik Kesok-Kesok Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ISI Surakarta.

Nurcahyo, Mahdi., & Suwahyunto, Hartoto Indra. (2022). Pendidikan Seni dan Estetika Logis. Yogyakarta: Amongkara.

Priatma, Johanes Eka. (2020). Merdeka Berpikir. Kompas.

Saputro, Laksono Jati. (2018). Mengenal dan Melestarikan Budaya melalui Festival Desa. Sukoharjo: CV Graha Printama Selaras.

Setyawan, Aris. (2021). Aubade: Kumpulan Tulisan Musik. Yogyakarta: Arung Wacana.

Sukatin, & Al-Faruq, M.S. (2020). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutton, R. Anderson. (2013). Pakkurru Sumage'. Makassar: Ininnawa.

Tamtomo, Kristian, dkk. (2018). Kenduri Pendidikan. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press (SDU Press).


Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA