Garap Gendèr Barung Gending Gantal Wedhar Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Jangga

Almas Juna Prasetya, Tri Suhatmini Rokhayatun, Teguh Teguh

Abstract


Gending Gantal Wedhar laras slendro pathet sanga memiliki bentuk kendhangan jangga atau setara dengan kethuk 4 kerep dhawah kethuk 8, merupakan gending srambahan yang jarang disajikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menafsir garap ricikan gendèr dalam penyajian Gending Gantal Wedhar laras slendro pathet sanga Pada balungan gending yang bersumber dari Naskah Pakěm Wirama: Wilět Gěndhing Běrdangga Laras Sulendro, penulis menemukan beberapa keunikan gatra yang susunan balungannya mengindikasikan adanya percampuran pathet sehingga perlu dicermati dan dikaji secara khusus untuk menentukkan garap gendèran. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan proses penggarapan sesuai rumus 4M, yakni memahami, mengidentifikasi, menerapkan, dan mempraktikkan. Gendèr barung sebagai objek dalam penelitian ini memiliki fungsi penting untuk mengisi ruang dan waktu yang dibuat oleh kendang serta berkaitan dengan irama. Gendèr juga bertugas menguatkan pathet. Penulis mengumpulkan beberapa céngkok gendèran yang kemudian diaplikasikan pada balungan gending Gantal Wedhar, hal tersebut tidak terlepas dari konsep pathet, sehingga gending Gantal Wedhar memungkinkan untuk digarap  di luar rasa pathet sanga.

Garap Gendèr Barung Gantal Wedhar Song in Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Jangga

Gending Gantal Wedhar set in slendro pathet sanga has a kendhangan jangga form or the equivalent of kethuk 4 kerep dhawah kethuk 8, which is a rarely presented srambahan music. The purpose of this research is to interpret the ricikan gendèr in the presentation of Gending Gantal Wedhar in slendro pathet sanga. On the balungan gending sourced from Pakěm Wirama manuscript: Wilět Gěndhing Běrdangga Laras Sulendro, the author found several unique gatras whose balungan arrangement indicates a mix of pathet so that it needs to be examined and studied specifically to determine the gendèran arrangement. The method used by the author in this research is qualitative, with the process of working according to the 4M formula, namely understanding, identifying, applying, and practicing. Gendèr barung as the object of this research has an important function to fill the space and time created by the kendang and related to the rhythm. Gendèr is also responsible for reinforcing the pathet. The author collects several céngkok gendèran which are then applied to the balungan of the gending Gantal Wedhar, this is inseparable from the concept of pathet, so that the gending Gantal Wedhar allows it to be worked on outside the pathet sanga flavor.


Full Text:

PDF

References


Aji, A. S. (2020). Skema Mandheg dalam Struktur Gendhing Gaya Surakarta. Keteg, 20(1), 76–94.

Ariyanto, D. (2022). Garap Rebab Gending Lontang Kasmaran Kethuk 4 Kerep Minggah 8 Laras Slendro Pathet Sanga. 4(1), 132–138.

Atmojo, B. S. (2010). Kendhangan Pamijen Gending Gaya Yogyakarta. Resital, 11(1), 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/resital.v11i1.495

Fitriani, T. S. (2020). Garap Gender Barung Gending Titisari Laras Slendro Pathet Nem Kendhangan Jangga. Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukkan Institut Seni Indonesia.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hastanto, S. (2009). Konsep Pathet Dalam Karawitan Jawa. ISI Press.

Karahinan, W. (1991). Gendhing-gendhing Mataram Gaya Yogyakarta dan Cara Menabuh Jilid I. KPH Krida Mardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kěrtanegara, R. T. (1889). Pakěm Wirama: Wilět Gěndhing Běrdangga Laras Sulendro.

Larassumbogo, R. W. (n.d.). Titi Laras Gending Ageng. Noordhoff-kolff N. V.

Martopangrawit. (1973). Titiraras Cengkok-cengkok Genderan dan Wiletannya. ASKI Surakarta.

Martopangrawit. (1975). Pengetahuan Karawitan I. ASKI Surakarta.

Poerwadarminta, W. J. S. (1939). Baoesastra Djawa. J. B. Wolters’uitgevers-Maatschappij n.v Groningen.

Pradjapangrawit, R. N. (1990). Serat Sujarah Utawi Riwayating Gamelan Wedhapradangga. STSI.

Santosa, Y. W. (2020). Gantal wedhar Gendhing Kethuk 4 Kerep Minggah 8 Laras Slendro Pathet Nem: Kajian Garap Gender. S1 Seni Karawitan Institut Seni Surakarta.

Schwartz, E. (2021). Titik Tengah Sebagai Dasar Sistem Klasifikasi Cengkok Gender. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 20(1), 95–105. https://doi.org/10.33153/keteg.v20i1.2749

Sosodoro, B. (2015). Mungguh dalam Garap Karawitan Gaya Surakarta: Subjektifitas Pengrawit dalam MenginterpretasiI sebuah Teks Musikal. Keteg, 15(1), 19–32.

Sugimin. (2019). Mengenal Karawitan Gaya Yogyakarta. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 18(2), 67–89. https://doi.org/10.33153/keteg.v18i2.2398

Sumarsam. (2002). Hayatan Gamelan. STSI Press.

Sunyata. (1999). Tehnik Instrumen Gender. Jurusan Seni Karawitan Institut Seni Yogyakarta.

Supanggah, R. (2009). Bothekan Karawitan II. Program Pascasarjana bekerja sama dengan ISI Press Surakarta.

Waridi. (1997). R. L. Martopangrawit Empu Karawitan Gaya Surakarta Sebuah Biografi. UGM Yogyakarta.

Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA