Penerapan Metode Pembelajaran Pada Instrumen Keyboard Tingkat Dasar Di Sanggar Seni Notoyudan

Ane Yosephin Bertus, Rianti Mardalena Pasaribu, Veronica Yoni Kaestri

Abstract


Metode pembelajaran keyboard diartikan sebagai cara atau metode yang digunakan pengajar untuk mengajar memainkan keyboard pada peserta didik untuk mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran keyboard di Sanggar Seni Notoyudan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif di mana peneliti sebagai instrumen kunci dalam pelaksanaan penelitian. Pengamatan dan pengumpulan data – data yang relevan membantu penulis dalam menjawab rumusan masalah. Pembelajaran keyboard tingkat dasar di Sanggar Seni Notoyudan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, peneliti melihat adanya kolaborasi mengenai penggunaan strategi pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran keyboard tingakt dasar di Sanggar Seni Notoyudan. Pembelajaran keyboard menggunakan metode demonstrasi memberikan dampak positif bagi peserta didik. Anak menjadi lebih mudah dalam menerima pembelajaran dan menjadi lebih berani memainkan keyboard dalam sebuah lagu.

Full Text:

PDF

References


Christinus, K., & Pasaribu, R. M. (2021). Penggunaan Metode Suzuki dalam Pembelajaran Biola dan Piano dengan Materi Lagu Dolanan Anak. Resital, 22, 146–157.

Kaestri, V. Y. (2021). Perancangan Aransemen Lagu Suwe Ora Jamu dan Cublak-Cublak Suweng Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Harmoni Dasar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 22(1). https://doi.org/10.24821/resital.v22i1.4696

Kodijat-Marzuki, L. (2002). Penuntun Mengajar Piano (Ed 3, rev). Djambatan.

M. Soeharto. (1992). Kamus Musik. Gramedia.

Mamahi, H. F., & Pandaleke, S. M. (2022). Strategi Kegiatan Pembelajaran Piano Klasik Bagi Anak di Jackson’s Piano Private Learning. Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3, 100–111. https://doi.org/10.51667

Nainggolan, O. T. P. (2019). Strategi Menghafal Penjarian Tangga Nada dalam Mata Kuliah Instrumen Dasar I. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 20(1). https://doi.org/10.24821/resital.v20i1.3335

Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(1). https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.1.2014.62-70

Putra, A. D., Ferdian, R., & Hidayat, H. A. (2021). Silabel Ritmis dalam Pembelajaran Musik. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(2). https://doi.org/10.37368/tonika.v4i2.299

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (S. E. , M. Si. Sofia Yustiyani Suryandari, Ed.; 3rd ed.). AFABETA.

Sunardi, S. (2020). Penerapan Metode Solfeggio Untuk Meningkatkan Minat Belajar Teori Dasar Musik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4

Jonggat Tahun Pelajaran 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1061

Thabroni, G. (2021, June 17). Metode Pembelajaran: Pengertian, Jenis & Macam (Menurut Para Ahli). Serupa.Id. https://serupa.id/metode-pembelajaran-pengertian-jenis-macam-menurut-para-ahli/

Wiflihani. (2015). Pengetahuan Dasar Teori Musik. Pendidikan Musik.


Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA