Efek Substitusi Akor Dan Tangga Nada Pentatonik Pada Mood Dalam Piano Jazz

Ivan Andiananta, Josias Adriaan, Agnes Tika Setiarini

Abstract


Penelitian ini berjudul "Efek Substitusi Akor Dan Tangga Nada Pentatonik Pada Mood Dalam Piano Jazz". Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik improvisasi piano jazz dengan cara menggunakan substitusi akor dan tangga nada pentatonik sebagai bahan eksplorasi. Penggunaan substitusi akor sangat membantu dalam mengembangkan improvisasi sehingga dapat menambah nuansa baru. Penulis memilih lagu Are You Happy karya Yohan Kim untuk digunakan sebagai sarana eksplorasi yang representatif. Dalam menerapkan improvisasi tangga nada pentatonik, penulis menggunakan akor yang sudah disubstitusi sebagai acuan dan pondasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tahapan pengumpulan data yang terdiri dari observasi, studi dokumentasi, dan wawancara, kemudian analisis data yang didukung oleh metode eksplorasi dan penarikan kesimpulan. Dari proses penelitian dan penyajian yang sudah dilakukan, penulis menerapkan tangga nada pentatonik serta akor substitusi ke dalam improvisasi lagu Are You Happy karya Yohan Kim. Penulis berhasil menghadirkan ‘mood’ yang berbeda, unik dan baru dengan menerapkan improvisasi tangga nada pentatonik dan mensubstitusi akor improvisasi. Penerapan Tritone substitusi di akor ii dan V7 dalam improvisasi lagu tersebut bisa memberi pilihan tangga nada pentatonik dan bisa mengembangkan mood dalam berimprovisasi. Penerapan substitusi akor ke dalam improvisasi menggunakan tangga nada pentatonik dengan berbagai macam variasinya mampu menghasilkan mood yang berbeda.

Kata kunci: Pentatonik, substitusi akor, improvisasi

 

Abstract

This research is titled "The Effects of Chord Substitution and Pentatonic Scale on Mood in Jazz Piano." The aim of this study is to develop jazz piano improvisation techniques by using chord substitutions and the pentatonic scale as exploration materials. The use of chord substitution is highly beneficial in enhancing improvisation, adding new nuances to the music. The author chose the song "Are You Happy" by Yohan Kim as a representative tool for exploration. When applying pentatonic scale improvisation, the author used substituted chords as references and foundations.

The research methodology employed in this study is qualitative research, involving data collection stages such as observation, documentary study, and interviews. Data analysis is supported by exploration methods and drawing conclusions. Through the research process and presentation, the author applied the pentatonic scale and chord substitutions to the improvisation of the song "Are You Happy" by Yohan Kim. The author successfully introduced a different, unique, and new mood by applying pentatonic scale improvisation and chord substitutions. The implementation of Tritone substitution in the ii and V7 chords in the improvisation of the song provides options for pentatonic scales and contributes to mood development in improvisation. The application of chord substitution in improvisation using the pentatonic scale, with its various variations, can generate different moods

Keywords: pentatonic, subtitution acord, improvisation


Full Text:

PDF

References


Adriaan, Josias T. (2007). Penggabungan Idiom-Idiom Gamelan Ke Dalam Musik Jazz.Tesis S-2. Yogyakarta: Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Al Fatah, Gilang. (2017).Analisis Improvisasi Trumpet Pada Lagu “Joy Spring” Karya Clifford Brown. Skripsi, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Benson, Bruce Ellis. (2003). The Improvisation of Musical Dialogue: A Phenomenology of Music. Cambridge University Press.

Berliner, P. (1994). Thinking in jazz. The infinite art of improvisation, Chicago, University of Chicago Press.

Chakti B, Anak. (2017). Analisis improvisasi piano jazz brad mehldaupada lagu “i’ll be seeing you”karya sammy fain. Skripsi, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Chrisnajaya P, Ade. (2019). Hubungan Antara Musical Imagery Dengan Kemampuan Improvisasi Gitar Di Komunitas Musik Soroako Sulawesi Selatan. Tesis, Universitas Negri Yogyakarta, Yogyakarta.

Edward Sarath. (2010). Music Theory Through Improvisation. New York: Routledge.

Hermawan P, Livendi. (2017). Aplikasi Improvisasi Symmetrtical Scales pada Akor Jazz Fusion. Skripsi, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Ken N.Kamoche, Miguel Pina e Cunha and João Vieira da Cunha. (2002). Organizational Improvisation. New Fetter Lane, London.

Levinson, J. (2015). The expressive specificity of jazz, in Musical concerns, OxfordNew York, Oxford University Press.

Octaviana S, Melisa. (2021). Penerapan Tangga Nada Pentatonik Dalam Improvisasi Lagu Takarajima Karya Hirotaka Izumi. Skripsi, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Pfleiderer, M., Frieler, K., Abeßer, J., Zaddach, W. G., & Burkhart, B. (2017). Inside the Jazzomat. New Perspectives for Jazz Research

Prier, karl-edmund. (2009). Kamus Musik.. Yogyakarta:Pusat Musik Liturgi.

Rawlins, R., & Bahha, N. E. (2005). Jazzology. Milwaukee, WI: Hal Leonard.

Rendra, Yulia. (2008). Belajar Main Piano untuk Pemula. Jakarta : PT. Buku Kita.

Sambu, Gari Rakai. (2008). Pintar Main Gitar dalam 7 Hari. Yogyakarta : Media Pressindo.

Trifena D. S, Agustina, dkk. (2009). Penentuan Akor Gitar Dengan Menggunakan Algoritma Short Time Fourier Transform.dipresentasikan pada SNATI. Yogyakarta. 20 Juni 2009.


Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA