Penerapan Harmoni Extended Dalam Aransemen Piano Jazz Pada Lagu Rungkad Karya Vicky Prasetyo

Tsabitul Azmi, Josias T Adriaan, R.M. Singgih Sanjaya

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penerapan harmoni extended dalam aransemen piano jazz pada lagu Rungkad karya Vicky Prasetyo. Penelitian ini bertujuan untuk membantu musisi terutama pianis agar memiliki wawasan baru dalam hal pemahaman serta kemampuan mengenai teknik harmoni extended dengan menerapkannya ke dalam contoh lagu dengan pola ritme dangdut yang diaransemen menjadi bossanova. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik yang digunakan adalah harmoni extended. Proses untuk meneliti mengenai penerapan harmoni extended dalam aransemen piano jazz pada lagu Rungkad ini dengan mengumpulkan berbagai jurnal, diskografi data yang ingin diteliti dan berbagai buku jazz. Teknik eksplorasi yang ingin diteliti dengan mencoba berbagai nada-nada hingga menemukan nada yang tepat, agar suara yang dihasilkan terdengar selaras. Hasil penelitian mengenai teknik harmoni extended menunjuk pada susunan akor dasar yang berisi 3 nada ditambah nada lain yang diambil dari nada ke 7, 9, 11 atau 13 disesuaikan dengan prinsip keselarasannya menjadi suatu lagu yang berbeda yang disebut extended chord. Konsep harmoni extended ini bisa menjadi gambaran sekaligus acuan bagi para musisi pada saat membuat lagu, agar lagu yang ingin dihasilkan terdengar lebih kaya dan tidak monoton. Berbagai masalah teknis dapat dikuasai melalui pemahaman akan berbagai pengetahuan teoritis musik menyangkut struktur akor, progresi akor, serta latihan secara konsisten.

kata kunci: teknik, harmoni extended, Rungkad

 

This research discusses the application of extended harmony in jazz piano arrangement on the song Rungkad by Vicky Prasetyo. This research aims to help musicians, especially pianists, to have new insights in terms of understanding and abilities regarding extended harmony techniques by applying them to song examples with dangdut rhythm patterns arranged into bossanova. This research uses qualitative methods, the technique used is extended harmony, the process of researching the application of extended harmony in the jazz piano arrangement of the song Rungkad is by collecting various journals, discography of the data to be researched, and various jazz books. Exploratory techniques to be researched by trying out various tones until you find the right notes, so that the sound produced sounds is aligned. The results of research on extended harmony techniques point to the arrangement of basic chords containing 3 notes plus other notes taken from the 7th, 9th, 11th, or 13th notes adjusted to the principle of harmony into a different song called an extended chord. This concept can be a picture as well as a reference for musicians when making songs so that the songs they want to produce sound richer and not monotonous. Various technical issues can be mastered through an understanding of various music-theoretical knowledge regarding chord structures, chord progressions, and consistent practice.

keywords: technique, extended harmony, Rungkad


Full Text:

PDF

References


Andriawan, L., Sumaryanto, T., Widjajantie, K., Sendratasik, J., Bahasa, F., & Seni, D. (2018). Manajemen Pertunjukan Dan Dampak Psikologi Sosial Komunitas Musik Jazz Ngisoringin Di Semarang. Universitas Negeri Semarang.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm

Antoni Nugroho, A., Adriaan, J. T., Tompo, P., & Prodi Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta Dosen Prodi Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta, A. (2023). Penerapan Teknik Chordal Dan Tangga Nada Pentatonik Dalam Improvisasi Piano Pada Lagu “Amazing Grace” Karya John Newton.

https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA

Christheo Purwanto, F. (2023). Aransemen Lagu Bengawan Solo Menjadi Aransemen Piano Jazz Oleh Christheo Music School. Universitas Negeri Surabaya.

Ervina, D., Abimanyu, Y., Dody, ;, Harwanto, C., Tinggi, S., & Abdiel, T. (2019). Aransemen Lagu “Lelo Ledung” Menggunakan Idiom-Idiom Pentatonik Gamelan Jawa Pada Piano Solo. Sekolah Tinggi Theoloia Abdiel, Ungaran, Indonesia.

https://doi.org/10.7592/musikolastika.v1i2.29

Faisal. (2016). Pengaruh Mangara Jazz Project Dalam Perkembangan Musik Jazz Di Kota Makasar. Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain UNM

http://www.trijayafmplg.com/program-

Fillamenta, N. (2019). Pengaruh Musik Dangdut terhadap Kecerdasan Emosi Remaja SMP Kelas IX. Jurnal Sitakara, 4(2), 76-83. Pendidikan Seni dan Seni Budaya.

Firmansyah, F. (2016). Proses Aransemn Lagu Dalam Bentuk Musik Tema Dan Variasi. Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas PGRI Palemban.

Joseph Christian Sasongko (2017). Penerapan Pendekatan Improvisasi Chordal Pada Piano Jazz. (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Lukas, R., & Salman, O. (2023). Studi Deskriptif Keberadaan Komunitas Dan Pertunjukan Musik Jazz. In Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Sumatera Utara.

Maulida, R. N., & Liana, Corry. (2018). Dalam Perkembangan Musik Jazz di Indonesia Tahun 1966-1986. (e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(2), 105-112). Universitas Negeri Surabaya.

Nugroho, A. D., & Niwandhono, P. (2014). Perkembangan Musik Jazz Di Surabaya 1960-1995. Jurnal Kesejarahan. Universitas Airlangga.

Parncutt, R. (1989). Harmony A Psychoacoustical Approach. Melbourne: Springer

Pharameshtrie, A., Prodi, W., Musik, P., Bahasa, F., & Seni, D. (2021). Analisis Improvisasi Jazz Vokal Sarah Vaughan Pada Lagu “Lullaby Of Birdland.” In Jurnal Penelitian Musik. Universitas Negeri Jakarta.

Prasetsya E.A, S. D. W. (2015). Diksi dalam Lirik Lagu Bossanova Jawa titik dua Analisis Morfologi. Universitas Gadjah Mada.

Rahmanda, N. T. (2018). Perkembangan dan Dampak Musik Dangdut Koplo Bagi Remaja di Desa. Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Rishak Yonatan Kristian. (2020). Analisis Lagu Tian Mimi Aransemen Dyfan Alvin. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya

Ryand Prakosa, G., & Haryono, S. (2012). Improvisasi Permainan Cello Pada Permainan Irama Jenis Langgam Jawa Grup Orkes Keroncong Harmoni Semarang. Universitas Negeri Semarang

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm

Setiaji, D. (2017). Tinjauan Karakteristik Dangdut Koplo Sebagai Perkembangan Genre Musik Dangdut. Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Surakarta

Snae, P. O., Arnold, V. J., Liem, E. Y., & Sonbai, J. (2023). Pembelajaran Keyboard Dengan Pola Iringan Harmoni Manual Pada Jemaat Syalom Raeliu Klasis Sabu Barat Dan Raijua. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang

https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/tam

Spitzer, P. (2015). Jazz Theory Handbook. Cincinnati, Ohio: Olive Jones.

Suharto. (2017). Model Kemasan Bentuk Penyajian Musik Dangdut Klasik Pada Grup Musik Rhomantika, Mijen, Semarang. Universitas Negeri Semarang.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm

Susanti Fitria D. (2019). Perkembangan Musik Dangdut Koplo Jawa Timur Tahun 2003-2017. In Journal Pendidikan Sejarah. Universias Negeri Surabaya

Tompo, Y. A. (2015). Penerapan Teknik Comping Piano jazz Herbie Hancock Pada Lagu Cantalaupe Island (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Turnip, J. F. H., Adriaan, J. T., & Setiarini, A. T. (2023). Peran Symetrical Scale Dalam Teknik Berimprovisasi Piano Jazz. (Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan).

YouTube channel BALABOSSA – Rungkad (Bossanova Live Sesion)

https://www.youtube.com/watch?v=y91qobxam78

YouTube channel Indonesian Idol 2023, Salma Salsabil – Rungkad

https://www.youtube.com/watch?v=4RfAAYcn0ys

YouTube channel Vicky Prasetyo – Rungkad

https://www.youtube.com/watch?v=nRixXKofiL4s


Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA