Penerapan Harmoni Extended Dalam Aransemen Piano Jazz Pada Lagu Rungkad Karya Vicky Prasetyo
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan harmoni extended dalam aransemen piano jazz pada lagu Rungkad karya Vicky Prasetyo. Penelitian ini bertujuan untuk membantu musisi terutama pianis agar memiliki wawasan baru dalam hal pemahaman serta kemampuan mengenai teknik harmoni extended dengan menerapkannya ke dalam contoh lagu dengan pola ritme dangdut yang diaransemen menjadi bossanova. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik yang digunakan adalah harmoni extended. Proses untuk meneliti mengenai penerapan harmoni extended dalam aransemen piano jazz pada lagu Rungkad ini dengan mengumpulkan berbagai jurnal, diskografi data yang ingin diteliti dan berbagai buku jazz. Teknik eksplorasi yang ingin diteliti dengan mencoba berbagai nada-nada hingga menemukan nada yang tepat, agar suara yang dihasilkan terdengar selaras. Hasil penelitian mengenai teknik harmoni extended menunjuk pada susunan akor dasar yang berisi 3 nada ditambah nada lain yang diambil dari nada ke 7, 9, 11 atau 13 disesuaikan dengan prinsip keselarasannya menjadi suatu lagu yang berbeda yang disebut extended chord. Konsep harmoni extended ini bisa menjadi gambaran sekaligus acuan bagi para musisi pada saat membuat lagu, agar lagu yang ingin dihasilkan terdengar lebih kaya dan tidak monoton. Berbagai masalah teknis dapat dikuasai melalui pemahaman akan berbagai pengetahuan teoritis musik menyangkut struktur akor, progresi akor, serta latihan secara konsisten.
kata kunci: teknik, harmoni extended, Rungkad
This research discusses the application of extended harmony in jazz piano arrangement on the song Rungkad by Vicky Prasetyo. This research aims to help musicians, especially pianists, to have new insights in terms of understanding and abilities regarding extended harmony techniques by applying them to song examples with dangdut rhythm patterns arranged into bossanova. This research uses qualitative methods, the technique used is extended harmony, the process of researching the application of extended harmony in the jazz piano arrangement of the song Rungkad is by collecting various journals, discography of the data to be researched, and various jazz books. Exploratory techniques to be researched by trying out various tones until you find the right notes, so that the sound produced sounds is aligned. The results of research on extended harmony techniques point to the arrangement of basic chords containing 3 notes plus other notes taken from the 7th, 9th, 11th, or 13th notes adjusted to the principle of harmony into a different song called an extended chord. This concept can be a picture as well as a reference for musicians when making songs so that the songs they want to produce sound richer and not monotonous. Various technical issues can be mastered through an understanding of various music-theoretical knowledge regarding chord structures, chord progressions, and consistent practice.
keywords: technique, extended harmony, Rungkad
Full Text:
PDFReferences
Andriawan, L., Sumaryanto, T., Widjajantie, K., Sendratasik, J., Bahasa, F., & Seni, D. (2018). Manajemen Pertunjukan Dan Dampak Psikologi Sosial Komunitas Musik Jazz Ngisoringin Di Semarang. Universitas Negeri Semarang.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm
Antoni Nugroho, A., Adriaan, J. T., Tompo, P., & Prodi Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta Dosen Prodi Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta, A. (2023). Penerapan Teknik Chordal Dan Tangga Nada Pentatonik Dalam Improvisasi Piano Pada Lagu “Amazing Grace” Karya John Newton.
https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA
Christheo Purwanto, F. (2023). Aransemen Lagu Bengawan Solo Menjadi Aransemen Piano Jazz Oleh Christheo Music School. Universitas Negeri Surabaya.
Ervina, D., Abimanyu, Y., Dody, ;, Harwanto, C., Tinggi, S., & Abdiel, T. (2019). Aransemen Lagu “Lelo Ledung” Menggunakan Idiom-Idiom Pentatonik Gamelan Jawa Pada Piano Solo. Sekolah Tinggi Theoloia Abdiel, Ungaran, Indonesia.
https://doi.org/10.7592/musikolastika.v1i2.29
Faisal. (2016). Pengaruh Mangara Jazz Project Dalam Perkembangan Musik Jazz Di Kota Makasar. Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain UNM
http://www.trijayafmplg.com/program-
Fillamenta, N. (2019). Pengaruh Musik Dangdut terhadap Kecerdasan Emosi Remaja SMP Kelas IX. Jurnal Sitakara, 4(2), 76-83. Pendidikan Seni dan Seni Budaya.
Firmansyah, F. (2016). Proses Aransemn Lagu Dalam Bentuk Musik Tema Dan Variasi. Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas PGRI Palemban.
Joseph Christian Sasongko (2017). Penerapan Pendekatan Improvisasi Chordal Pada Piano Jazz. (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Lukas, R., & Salman, O. (2023). Studi Deskriptif Keberadaan Komunitas Dan Pertunjukan Musik Jazz. In Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Sumatera Utara.
Maulida, R. N., & Liana, Corry. (2018). Dalam Perkembangan Musik Jazz di Indonesia Tahun 1966-1986. (e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(2), 105-112). Universitas Negeri Surabaya.
Nugroho, A. D., & Niwandhono, P. (2014). Perkembangan Musik Jazz Di Surabaya 1960-1995. Jurnal Kesejarahan. Universitas Airlangga.
Parncutt, R. (1989). Harmony A Psychoacoustical Approach. Melbourne: Springer
Pharameshtrie, A., Prodi, W., Musik, P., Bahasa, F., & Seni, D. (2021). Analisis Improvisasi Jazz Vokal Sarah Vaughan Pada Lagu “Lullaby Of Birdland.” In Jurnal Penelitian Musik. Universitas Negeri Jakarta.
Prasetsya E.A, S. D. W. (2015). Diksi dalam Lirik Lagu Bossanova Jawa titik dua Analisis Morfologi. Universitas Gadjah Mada.
Rahmanda, N. T. (2018). Perkembangan dan Dampak Musik Dangdut Koplo Bagi Remaja di Desa. Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta
Rishak Yonatan Kristian. (2020). Analisis Lagu Tian Mimi Aransemen Dyfan Alvin. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya
Ryand Prakosa, G., & Haryono, S. (2012). Improvisasi Permainan Cello Pada Permainan Irama Jenis Langgam Jawa Grup Orkes Keroncong Harmoni Semarang. Universitas Negeri Semarang
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm
Setiaji, D. (2017). Tinjauan Karakteristik Dangdut Koplo Sebagai Perkembangan Genre Musik Dangdut. Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Surakarta
Snae, P. O., Arnold, V. J., Liem, E. Y., & Sonbai, J. (2023). Pembelajaran Keyboard Dengan Pola Iringan Harmoni Manual Pada Jemaat Syalom Raeliu Klasis Sabu Barat Dan Raijua. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang
https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/tam
Spitzer, P. (2015). Jazz Theory Handbook. Cincinnati, Ohio: Olive Jones.
Suharto. (2017). Model Kemasan Bentuk Penyajian Musik Dangdut Klasik Pada Grup Musik Rhomantika, Mijen, Semarang. Universitas Negeri Semarang.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm
Susanti Fitria D. (2019). Perkembangan Musik Dangdut Koplo Jawa Timur Tahun 2003-2017. In Journal Pendidikan Sejarah. Universias Negeri Surabaya
Tompo, Y. A. (2015). Penerapan Teknik Comping Piano jazz Herbie Hancock Pada Lagu Cantalaupe Island (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Turnip, J. F. H., Adriaan, J. T., & Setiarini, A. T. (2023). Peran Symetrical Scale Dalam Teknik Berimprovisasi Piano Jazz. (Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan).
YouTube channel BALABOSSA – Rungkad (Bossanova Live Sesion)
https://www.youtube.com/watch?v=y91qobxam78
YouTube channel Indonesian Idol 2023, Salma Salsabil – Rungkad
https://www.youtube.com/watch?v=4RfAAYcn0ys
YouTube channel Vicky Prasetyo – Rungkad
https://www.youtube.com/watch?v=nRixXKofiL4s
Article Metrics
Abstract view : 148 timesPDF - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA