Teknik Vocalizing untuk Meningkatkan Intonasi Bernyanyi Anak Usia 12 Tahun di GIA Puri Anjasmoro Semarang

Lupita Lupita, Endang Ismudiati, Tri Wahyu Widodo

Abstract


Vocalizing memiliki keterkaitan erat dengan kegiatan olah vokal. Implementasi teknik vocalizing diperlukan bagi seseorang yang ingin memiliki suara merdu dan indah, terkhusus pada lingkup warga gereja yang tergabung dalam pelayan ibadah pujian dan penyembahan yan pemimpin pujian saat ibadah berlangsung. Penelitian ini berfokus mengidentifikasi proses penerapan teknik vocalizing untuk meningkatkan keterampilan intonasi vokal dan mendeskripsikan hasil penerapan teknik vocalizing pada intonasi vokal anak usia 12 tahun di GIA Puri Anjasmoro Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan Tindakan Kelas Partisipan untuk mendalami proses penerapan vocalizing dalam meningkatkan intonasi bernyanyi anak usia 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak dapat menggunakan pernapasan diafragma dengan baik dan benar, meningkatnya kemampuan intonasi anak dalam membedakan tinggi dan rendah nada dan menjaga stabilitas suara saat bernyanyi, mampu memanfaatkan ruang resonansi kepala secara optimal, artikulasi terdengar dengan jelas dan dapat menyanyikan lagu “Jawaban Hidupku'' dengan frase yang sempurna. Kelemahan pada penelitian ini adalah penelitian dilaksanakan dengan waktu yang terbatas sehingga hasil penerapan teknik vocalizing belum diterapkan secara maksimal. Kelebihan dari penelitian ini adalah dalam waktu yang terbatas, anak-anak dapat menyanyikan lagu “Jawaban Hidupku” dengan teknik vokal yang tepat. Penerapan vocalizing untuk meningkatkan kemampuan intonasi bernyanyi anak usia 12 tahun merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas suara anak dalam bernyanyi menjadi lebih baik.

Vocalizing Technique to Improve Singing Intonation of 12-Year-Old Children at GIA Puri Anjasmoro Semarang

Vocalizing is linked to vocal exercises. Implementing vocalizing techniques is necessary for someone who wants a melodious and beautiful voice, especially for those serving in praise and worship who are the praise leaders during the service. This research focuses on identifying the process of applying vocalizing techniques to improve vocal intonation skills and describing the results on the vocal intonation of 12-year-old children at GIA Puri Anjasmoro Semarang. The method used in this research is qualitative with a Participatory Action Research approach to delve into applying vocalizing in improving the singing intonation of 12-year-old children. The results of this study show that children can use diaphragmatic breathing correctly, improve the ability to distinguish high and low tones and maintain the stability of the sound, able to utilize the resonance space optimally, clear articulation is heard and can sing the song “Jawaban Hidupku” with a perfect phrase. The weaknes of this study is that the research was conducted in a limited time, so the results of the application ov vocalizing techniques have not been maximally implemented. The advantage of his study is that in a limited time, children can sing the song “Jawaban Hidupku” with the correct vocal technique  The application of vocalizing to improve the intonation singing ability of 12-year-old children is one solution to improve the quality of children’s voices. 


Full Text:

PDF

References


Andriani, E. Y. (2021). Analisis Artikulasi Teknik Vokal Pada Lagu “Dear Dream” Oleh Regita Pramesti Suseno Putri. Repertoar Journal, 1(2), 259–268. https://doi.org/10.26740/rj.v1n2.p259-268

Hadza, B. (2023). 4 Teknik Belajar Vokal untuk Pemula Artikulasi hingga Intonasi. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6929654/4-teknik-belajar-vokal-untuk-pemula-artikulasi-hingga-intonasi

Lucas, C. (2021). Metode Kreatif Vocalizing Untuk Meningkatkan Kualitas Bernyanyi Paduan Suara. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 1(2), 229–235. https://doi.org/10.54170/dp.v1i2.64

Mutsani, H. (2019). Bernyanyi : Pengertian, Metode, Dasar, Teknik, Panduan, Kiat dan Soal Latihan Lengkap. https://forbes.id/pengertian-dan-metode-bernyanyi-lengkap/

Paputungan, F. T., & Lapian, A. (2020). Penerapan Metode Imitasi Dan Drill Pada Paduan Suara Manado Independent School. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, I(1), 11–21. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.129

Paula Monica, Bella; Sumaryanto, T. (2018). Teknik Vokal Dan Peran Pemandu Nyanyian Jemaat Di Gereja Kristen Jawa Ngesrep Kota Semarang. Jurnal Seni Musik, 7(1), 14–24.

Riandi, A. P. A. A. (2022). Jenis-jenis Pernapasan dalam Menyanyi. Kompas.Com. https://entertainment.kompas.com/read/2022/11/28/175741866/jenis-jenis-pernapasan-dalam-menyanyi-apa-saja?page=all

Rifda. (2021). 5 Jenis Teknik Vokal Dalam Bernyanyi, Beserta Materi Dan Contohnya. https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-teknik-vokal/

Ruth, K., Manalu, M., & Simanjuntak, H. L. (2022). Musik Gerejawi : Pelatihan Teknik Vokal untuk Song Leader di Gereja HKBP Resort Medan Patumbak Distrik X Medan-Aceh. Citra Abdimas, 2(1), 57–62.

Saran, M. ; B. G. ; B. B. (2023). Anatomi, Kepala dan Leher, Pita Suara Laring. National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK535342/

Surjana, I. (2019). Peranan Musik dalam Ibadah Kristen: Tinjauan Historis. Jurnal Teologi Rahmat, 5(2), 118–139.

Suryati, S. (2021). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Vokal Pop Jazz di Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 22(2), 117–126. https://doi.org/10.24821/resital.v22i2.6040

Tambunan, J. O. (2021). Teknik Vokal Dalam Menyanyikan Buku Ende Bagi Song Leader Di Gereja Hkbp Sukadame Pematangsiantar. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(2), 293. https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2.29674

Umam, E. (2022). 5 Jenis Teknik Vokal Dalam Bernyanyi, Beserta Materi Dan Contohnya. https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-teknik-vokal/

Young, S. (2023). Communicative Musicality. In Music in Early Childhood. https://doi.org/10.4324/9781003331193-21

Zebua, S. N. K., Simangungsong, R. K. A., Hutagalung, R. J. M., & Zebua, T. B. (2023). Penerapan Teknik Vokal Intonasi Dalam Menyanyikan Lagu Buku Zinuno No 232 “ No Somuso Todo Ndrao biasanya dibawakan saat pelaksanaan perjamuan kudus . “ Penerapan Teknik Vokal Intonasi Dalam Menyanyikan Lagu Buku Zinuno . No . 232 penulis sebagai landasan. 1(5), 157–165.


Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA