Peningkatan Pemahaman Membaca Notasi Balok Dengan Menggunakan Origami
Abstract
Mengajarkan notasi balok pada pemula dibutuhkannya media pembelajaran yang tepat untuk mendukung proses belajar, agar proses pembelajaran notasi balok dapat dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran notasi balok pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMPN 3 Sleman dengan menggunakan origami. Berdasarkan observasi awal, terdapat suatu permasalahan pada pemahaman peserta didik dalam membaca notasi balok. Penelitian ini mengusulkan origami sebagai media pembelajaran dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan warna dipercaya dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam membaca notasi balok, sehingga penelitian ini akan mengkaji penggunaan origami untuk peningkatan kemampuan membaca notasi balok. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang didukung data-data melalui observasi, wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa origami mampu mempengaruhi peningkatan pemahaman pada peserta didik dalam membaca notasi balok. Peningkatan pemahaman akan notasi balok yang diperoleh peserta didik melalui tiga tahapan yaitu tahap teori, praktik dan tes.
Kata kunci: ekstrakurikuler, ansambel musik, notasi balok, media warna origami
Enhanced Understanding of Reading Music Notation through Origami
Teaching student music notation requires the use of efficient learning resources to support the learning process, so that the learning process of music notation can be understood by students. To improve the understanding of music notation in SMPN 3 Sleman's extracurricular music groups, this study examines the use of origami. Early findings suggest a difficulty with students understanding of reading music notation. The study suggests applying origami to improve learning to solve this problem. It is expected that the use of origami would improve students' understanding of music notation. Using a case study design and a qualitative research methodology, the study collects data through observation, interviews, and documentation. The results shown that students' understanding of block notation is much enhanced when they apply origami. Students gained a greater comprehension of music notation through three stages: theory, practice, and testing.
keywords: extracurricular, music ensemble, musical notation, color media origami
Full Text:
PDFReferences
Eiseman, L. (2017). The Complete Color Harmony, Pantone Edition: Expert Color Information for Professional Results. Rockport Publishers.
Garber, L. L., Hyatt, E. M., & Nafees, L. (2016). The Effects of Analogous Food Color on Perceived Flavor: A Factorial Investigation. Journal of Food Products Marketing, 22(4), 486–500. https://doi.org/10.1080/10454446.2015.1072866
Kandiri, K. (2017). Behavioral Based Learning. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 11(1), 105–126. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v11i1.168
Kuo, Y. T., & Chuang, M. C. (2013). A proposal of a color music notation system on a single melody for music beginners. International Journal of Music Education, 31(4), 394–412. https://doi.org/10.1177/0255761413489082
Latifah, N., Fadhillah, D., & Permatasari, R. (2019). Pengembangan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar (A. C (ed.); Ed. 1). Samudra Biru.
Lubis, S. J., Widyastika, D., Sitorus, R. H., & Medan, U. B. (2022). School Education Journal Pgsd Fip Unimed. SEJ (School Education Journal), 12(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. 1.
Purnama, S. (2010). Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah, 2(1), 113–129.
Sanjaya, R. N., Mering, A., & Muniir, A. (2019). Analisis Karya Musik Pada Ansambel Koper Di. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–2.
Suryadi, S. (2018). Development of Color Notation for Kindergarten Children. 244(Ecpe), 220–224. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.49
Wibowo, Y. A., & Andriyani, F. D. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah (Ed.1). UNY Press.
Article Metrics
Abstract view : 129 timesPDF - 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA