Penerapan Teknik Ghost Note pada Pembelajaran Drumset untuk Mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berangkat dari ketertarikan penulis mengenai proses pembelajaran teknik ghost note, dimana pada proses pembelajaran tersebut kurang disadari oleh mahasiswa drumset. Teknik ghost note merupakan salah satu teknik pada instrumen drumset yang harus dimiliki bagi pemain drumset. Teknik tersebut sangat penting untuk pemain drumset saat melakukan improvisasi pada sebuah lagu. Penelitian ini bertujuan untuk memahami cara menerapkan teknik ghost note dan mengungkapkan tahap-tahap teknik yang harus dilalui bagi pemain drumset. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek penelitian adalah sepuluh mahasiswa dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memenuhi tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran teknik ghost note tidak dipelajari secara langsung oleh mahasiswa drumset. Namun, mahasiswa drumset dianjurkan untuk aktif dan belajar secara mandiri dari materi yang telah diberikan. Materi tersebut yaitu teknik four basic stroke dan rudiments.
This research stems from the author's interest in the ghost note technique learning process, where drumset students are less aware of the learning process. The ghost note technique is one of the drumset instrument techniques that drumset players must have. This technique is very important for drumset players when improvising on a song. This research aims to understand how to apply the ghost note technique and reveal the technical stages that drumset players must go through. The author uses a qualitative research method with a case study approach. The selection of research subjects was ten students selected using purposive sampling. Data collection for this research was carried out by means of interviews, documentation and observation. The research data that has been collected is then analyzed descriptively to meet the research objectives. The research results show that the process of learning the ghost note technique is not studied directly by drumset students. However, drumset students are encouraged to be active and learn independently from the material provided. The material is the four basic stroke and rudiments technique
Full Text:
PDFReferences
Arafah, G. (2017). Materi Pembelajaran Teknik Ghost Note Pada Kelas Private Drum Di Sekolah Musik Jazz Centrum Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1).
Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Danielsen, A., Johansson, M., Brovig, R., Sandvik, B., & Bohler, K. K. (2023). Shaping rhythm: timing and sound in five groove-based genres. Popular Music, 39(1). https://doi.org/10.1017/S0261143023000041
Dhani, U. (2014). Penerapan Teknik Dasar Ghost Notes Dalam Rhythm Pattern 8 Beat Pada Drum Set. Seni Musik ISI Yogyakarta.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran, 4 Pilar Kompetensi Pedagogis. In CV Kaaffah Learning Center.
Dulag, C. A. (2022). Penerapan Teknik Ghost Note Pada Lagu Sniff Karya Domitille “Domi” Degalle dan Jd Beck. ISI Yogyakarta.
Ginting, Z. D. (2023). Penerapan Rudiment Pada Teknik Ghost Note Dalam Lagu Hungry Ghost Karya Dari Grup Mehliana. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2).
Greenwald, J. (2002). Hip-Hop Drumming: The Rhyme May Define, but the Groove Makes You Move. Black Music Research Journal, 22(2), 259. https://doi.org/10.2307/1519959
Harianto, A. P. (2022). Analisis Teknik Ghostnote Echa Soemantri Dalam Lagu “For Your Love” Karya Stevie Wonder. Repertoar Journal, 3(1), 1–6.
Mahardika, F., Kepala, L., Fakultas, J. M., & Pertunjukan, S. (2017). Model Pemanasan Multi-Tenor pada Battery Percussion Marching Band Institut Seni Indonesia Yogyakarta Agus Salim (Vol. 5, Issue 1).
Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.
Ningsih, S. W., Nahari, I., Rahayu, I. A. T., & Nashikhah, M. (2023). Penerapan Media Video Pembelajaran pada Pembuatan Pola Dasar Badan Teknik Kontruksi Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Jabon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26097–26104.
Nugroho, I. (2021). Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Purnomo, B. H. (2011). Metodedan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroomaction Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210251.
Rasyad, H. (2016). Penerapan Teknik Linear Drumming Pada Lagu Ants Marching Karya Dave Matthews Band. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
SAMOSIR, T. S. (2018). Proses pembelajaran drumset pada anak umur 5-9tahun di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan
Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.
Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127.
Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102–118. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.512
Wahyuni, N. (n.d.). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional, 02(1). http://jasapembuatanweb.co.id/artikel-ilmiah/ -metode-drill
Article Metrics
Abstract view : 70 timesPDF - 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA