Jazz dan Wacana Posmodernisme Dalam Komposisi Gitar All the Things You Are Karya Roland Dyens

Adi Surya Mahardika, Andre Indrawan, Veronica Yoni Kaestri

Abstract


Salah satu wacana posmodernisme dalam seni ditandai dengan hilangnya batas antara seni ‘tinggi’ dan populer, bentuk aransemen jazz standard dalam karya All the Things You Are oleh Roland Dyens mengindikasikan hal yang sama mengingat penciptaan aransemen tersebut menggunakan musik jazz populer yang diadaptasi ke dalam repertoar gitar klasik. Penelitian ini bertujuan mencari karakteristik musik jazz dan pengaruh wacana posmodernisme di dalam karya All the Things You Are oleh Dyens baik secara tekstual maupun kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan musikologis. Data penelitian meliputi analisis struktur, harmoni, dan aransemen musik. Ilmu musikologi digunakan sebagai instrumen penelitian yang berfungsi sebagai tolok ukur terhadap fenomena yang menjadi fokus penelitian. Sementara tahap penelitian meliputi tahap pendahuluan, pengumpulan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat karakteristik musik jazz dalam komposisinya melalui penggunaan berbagai ekstensi akord, konstruksi akord upper structure, ritme swing, dan figur bas berjalan. Sementara pengaruh posmodernisme secara langsung dalam karya Dyens tersebut meliputi gaya pastiche, persilangan seni ‘tinggi’ dan populer, serta tendensi relativistik. Penelitian ini secara garis besar dapat berkontribusi dalam pengembangan studi maupun interpretasi musik posmodern terlebih pada repertoar gitar klasik era kontemporer.



Full Text:

PDF

References


Beard, D., & Gloag, K. (2005). Musicology: The Key Concept. Routledge.

Brew, S. S. (2018). Jazz Standards Arranged for Classical Guitar in the Style of Art Tatum (Issue May).

Gillet, C. (2023). Global Music. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/art/global-music

Beard, D., & Gloag, K. (2005). Musicology: The Key Concept. Routledge.

Brew, S. S. (2018). Jazz Standards Arranged for Classical Guitar in the Style of Art Tatum (Issue May).

Gillet, C. (2023). Global Music. Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/art/global-music

Harsawibawa, H. (2019). Disrupsi dalam Musik. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(3), 144–158. https://doi.org/10.24821/resital.v18i3.3337

Idrus, N. I. (2006). Antropologi Feminis: Etnografi, Relasi Gender dan Relativisme Budaya di Indonesia. Antropologi Indonesia, 30(3), 272–296. https://doi.org/DOI:10.7454/ai.v30i3.3568

Indrawan, A. (2023). Peranan Musikologi dalam Pencapaian Derajat Kesenimanan Seorang Gitaris Klasik. 1–36. http://digilib.isi.ac.id/15277/

Koapaha, R. B. (2018). Pengaruh Posmodernisme Terhadap Karya Gitar : Resital Journal, 19(2), 63–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/resital.v19i2

Mack, D. (2004). Sejarah Musik Jilid 4. Pusat Musik Liturgi.

Nurhidayah, S., & Setiawan, R. (2019). Lanskap Siber Sastra: Postmodernisme, Sastra Populer, Dan Interaktivitas. Poetika, 7(2), 136. https://doi.org/10.22146/poetika.v7i2.50779

Piliang, A. Y. (2003). Hipersemiotika : tafsir kultural atas matinya makna. Jalasutra.

Ratna, N. K. (2013). Stilistika: Kajian Puitika Bahasa Sastra dan Budaya. Pustaka Pelajar.

Roslukita, D. (2020). Analisis Variasi Melodi Adagio et Rondo Karya J.B Singelee. Repertoar, 1(1), 153–168. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/rj.v1n1.p153-168

Sahir, S. H. (2021). Metode Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Sim, S., & Scott, D. B. (2012). The Routledge Companion to Postmodernism. In The Routledge Companion to Postmodernism, Third Edition. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203813201

Sucitra, I. G. A. (2015). Wacana Postmodern dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Journal of Contemporary Indonesian Art, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.24821/jocia.v1i1.1750

Sudirga, I. K. (2020). Komposisi Karawitan dalam Perspektif Estetika Posmodern. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 3(2), 181–200. https://doi.org/10.31091/jomsti.v3i2.1156

Sugiharto, I. B. (1996). Postmodernisme Tantangan Bagi Filsafat. In PT. Kanisius. Kanisius.

Thomass, B. (2020). Universalism in history, modern statehood, and public service media. In Universalism In Public Service Media (Vol. 4, Issue January, pp. 25–36). Nordicom.

Wren, T. (2022). Jazz Standard as Archive. Journal of Jazz Studies, 13(1), 1–19. https://doi.org/10.14713/jjs.v13i1.190


Article Metrics

Abstract view : 1110 times
PDF - 588 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA