Implementation and Benefits of Arranged Drum Band Repertoire in Extracurricular Activities at Paliyan II Elementary School, Gunungkidul
Abstract
Pendidikan memainkan peran krusial dalam membentuk masa depan individu, dan setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dasar. Namun, terdapat kesenjangan yang signifikan dalam kualitas dan akses pendidikan, termasuk pendidikan musik, yang dapat berdampak negatif pada perkembangan anak-anak. Kesenjangan ini disebabkan oleh akses yang tidak merata terhadap sumber daya pengajaran musik, prioritas dan kebijakan sekolah yang lebih mengutamakan mata pelajaran akademis, serta faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kualitas dan penerapan aransemen dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif musikologis. Pengumpulan data dilakukan di SD Paliyan II Gunungkidul, yang terletak di Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan musikal siswa di SD Paliyan II berkembang dengan baik melalui penerapan repertoar drumband yang sudah diaransemen. Ini terlihat dari pemahaman musik, nada, irama, ketukan, serta meningkatnya semangat dan antusiasme dalam berlatih. Bentuk aransemen repertoar drumband yang dipelajari siswa adalah bentuk lagu tiga bagian (A A’ B C C’).
Kata kunci: Drumband, Bentuk musik, Kecerdasan musik, Repertoar
AbstractEducation plays a crucial role in shaping an individual's future, and every child has the right to basic education. However, there is a significant disparity in the quality and access to education, including music education, which can negatively impact children's development. This gap is caused by unequal access to music teaching resources, school priorities and policies that favor academic subjects, and socioeconomic factors that influence access. The purpose of this study is to examine the quality and implementation of arrangements in extracurricular drum band activities. The research method used is qualitative musicological research. Data collection was conducted at SD Paliyan II Gunungkidul, located in Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. The results of the study show that the musical intelligence of students at SD Paliyan II has developed well through the implementation of arranged drum band repertoire. This is evident in their understanding of music, notes, rhythm, and beats, as well as their increased enthusiasm and motivation in practice. The form of the drum band repertoire arrangement studied by the students is a three-part song form (A A’ B C C’).
Keywords: Drumband, Musical forms, Musical intelligence, Repertoire
Full Text:
PDFReferences
Anastasya, P., & Sukmayadi, Y. (2023). Analisis Respon Alumni terhadap Pemetaan Kurikulum Program Studi Pendidikan Seni Musik UPI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1585–1599. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5345
Ardipal, A., Machfauzia, A. N., & Zamil, I. (2023). Pengaruh Permainan Alat Musik Tradisional terhadap Kecerdasan Emosi pada Anak Usia TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4223–4231. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5024
Arum, L., Putranti, M., Pendidikan, J., & Musik, S. (2018). Kompetensi Guru Seni Budaya Di Smp Negeri 3 Kalasan Dan Smp Negeri 4 Kalasan Art and Culture Teachers Competency in Junior High School 3 of Kalasan and Junior High School 4 of Kalasan. 35.
Banoe, P. (2003a). Kamus Musik, cet. 1. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Banoe, P. (2003b). Kamus Musik Kanisius. In [Music Dictionary]. Kanisius Yogyakarta.
Bungin, B. (2011). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer.
Chaplin, J. P. (2000). Kamus Psikologi. Jakarta. Rajawali Press.
Destiana, E. (2016). Analisis Bentuk dan Struktur Lagu Stambul Baju Biru Karya Hardiman. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 209–214. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.252
Dkk, S. (1996). No Title.
Febrianti, S., & Subandji, S. (2023). PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI BA ‘AISYIYAH KAUMAN CAWAS KLATEN TAHUN 2022. UIN RADEN MAS SAID.
Gardner. (1993). No Title.
Habibi, Y., Srifariyati, S., Hasan, H., & Subhi, M. R. (2017). Strategi pembelajaran anak usia dini berbasis multiple intelligence. Madaniyah, 7(2), 237–260.
Haliza, S. N. (2017). Pembelajaran Angklung pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 1 Lembang. Universitas Pendidikan Indonesia.
Heropurnindia, J. S., & Sukmayadi, Y. (n.d.). Kesenjangan Kurikulum Pembelajaran Vokal Pada Anak di Purwacaraka Musik Studio Bandung. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Jamalus, D. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Jw, C. (1998). Qualitative inquiry and research design. Choosing Among Five Traditions.
Keraf, G. (1981). Eksposisi dan deskripsi. Nusa Indah.
Kumala, O. Y., Ramadhanti, S., & Irianto, I. S. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Repertoar Musik I untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kepekaan Individu Mahasiswa dalam Pertunjukan Paduan Suara di Prodi Sendratasik FKIP-Universitas Jambi. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 7(2).
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. (No Title).
Mudjilah, H. S. (2004). Teori Musik. FBS UNY.
Nugraha Putra, I. P. L. W., & Dinata, K. W. (2023). Analisis Bentuk Lagu “Bhuana Santhi” Karya I Komang Darmayuda. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 6(1), 97–110. https://doi.org/10.31091/jomsti.v6i1.2421
Nurhamidah, N., & Sulastri, S. (2023). Video Permainan Kavaleri Snare Drum untuk Kecerdasan Musik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, null, null. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5569
Nursalsabila, R. (2023). Pengaruh Iringan Musik Gitar Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini: Penelitian di TK IT Mutiara Hati Baleendah Kab. Bandung. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 2(1), 31–42.
Prasetya, Y. O., Chulwah, D., Mubarokah, N. L., & Iswantiningtyas, V. (2017). Pengaruh Bermain Sianida (Suara, Irama, Dan Nada) Terhadap Kecerdasan Musik Anak Usia Dini. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 56–67. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp56-67
Pratiwi, R. U., Damanik, M. R. A., Maimanah, A., Yunita, Z., Daulay, M., Marpaung, Z. E., & Sit, M. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI BERSAMA DI TK IT NURUL ILMI MEDAN. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, null, null. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.857
Prier, K.-E. S. (2004). Ilmu Bentuk Musik. Pusat Musik Liturgi.
Putri, R. (2011). Suravai tentang Latar Belakang Ekonomi Terhadap Jenis Musik Yang Diminati Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Kebumen.
Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Soeharto, M. (1992). Kamus Musik. PT Gramedia Widiasarana.
Stein, L. (1979). Structure and Style: The Study and Analysis of Musical Form. Summy-Bichard Music.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprayitno, J., & Prasetiyo, A. (2021). Gondang : Jurnal Seni dan Budaya STRUCTURAL ANALYSIS OF MUSICOLOGICAL ARRANGEMENTS. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(2), 249–257.
Suwartono, M. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian. Penerbit Andi.
Tambayong. (1992). ta.
Tim Penyusun. (1988). Ensiklopedia Nasional Indonesia Jilid III. PT. Cipta Adi Pustaka.
Tim Penyusun. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Ulfah, U., Ratnasih, T., & Syamiyah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Mendengarkan Musik Relaksasi. Generasi Emas, 4(1), 65–73. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6937
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF - 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA