Penggunaan Gubahan Lagu Sebagai Strategi Menghafal Materi Rantai Makanan Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta mendeskripsikan proses penggunaan gubahan lagu sebagai strategi menghafal materi rantai makananan bagi siswa kelas VC SD Negeri Jurug Sewon Bantul. Kemampuan mengingat dan menghafal merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar dan prestasi peserta didik di kelas yang diukur berdasarkan penguasaan materi pelajaran dalam hal teori. Namun tidak semua peserta didik memiliki kemampuan mengingat dan menghafal yang baik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni, obeservasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi data. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat tiga tahapan dalam proses penggunaan gubahan lagu sebagai startegi menghafal materi rantai makanan bagi siswa kelas VC SD Negeri Jurug Sewon Bantul. Tiga tahapan tersebut antara lain, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut. Melalui ketiga tahapan tersebut, penggunaan gubahan lagu juga dapat mempermudah peserta didik dalam melakukan hafalan, memaksimalkan kinerja memori jangka pendek, meningkatkan antusias peserta didik saat proses pembelajaran, serta menjadikan interaksi antara peserta didikk dan guru menjadi lebih aktif.
References
Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. In Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penebar Media Pustaka.
Dyramoti, M., & Wahyuningsih, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Anak di TK Methodist Jakarta Utara. Desember, 6(2), 197–208.
Fajriyah, D. N. (2018). Pendidikan Akhlak Pada Anak MI/SD Melalui Media Lagu Gubahan.
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 1(1) 39-51. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i1.4
Fatturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Ar-ruzz Media.
Hurlock, E. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan
(5th ed.). PT Gelora Aksara Pratama.
Ilmi, F., Respati., & Nugraha, A. (2021). Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8(3), 675-683. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39237
Indianto, A. (2017). Tangkas Menghafal Pelajaran & Mempertajam Ingatan (Dyas (Ed.)).
Saufa. Julianto, V. (2017). Meningkatkan Memori Jangka Pendek dengan Karawitan. Indigenous: Jurnal
Ilmiah Psikologi. 2(7), 137-147. https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.5451
Nevid, J. (2021). Memori Manusia: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi. Nusamedia.
Prananta, C., Tjahjono, E., & Yuwanto, L. (2019). Efektivitas Teknik Menghafal dengan Lagu dalam Meningkatkan Kemampuan Mengingat Informasi Verbal. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 8(1), 478-494.
Restian, A. (Ed.). (2017). Inovasi Pembelajaran Musik Untuk Anak Negeri Indonesia di SD. UMM Press.
Ruhimat, T. (n.d.). Prosedur Pembelajaran Dr. Toto Ruhimat, M.Pd . 1–30.
Sa’adullah. (2008). Cara Cepat Menghafal Al-Quran. Gema Insani.
Suyadi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Diva Press.
Wulandari, R. (2008). Karakteristik Lagu Yang Sesuai Untuk Anak Ditinjau Dari Segi Ambitus.
In Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Article Metrics
Abstract view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA