Direct Learning Dalam Pembelajaran Paduan Suara di SMAK Santu Stefanus Ketang Nusa Tenggara Timur

Martina Antonia Tenkudi, Dilla Octavianingrum, Antonia Indrawati

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler paduan suara aktif dilakukan di SMAK Santu Stefanus Ketang NTT untuk membantu kelancaran proses ibadah umat katolik sehingga sering mengikuti festival keagamaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Direct Learning yang digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara di SMAK Santu Stefanus Ketang NTT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran paduan suara di SMAK Santu Stefanus Ketang NTT, sedangkan subjek penelitian ini adalah guru paduan suara dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan yaitu pengumpulan data, memadatkan data, menampilkan data, dan menarik verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran paduan suara menggunakan model Direct Learning dengan lima tahapan yaitu presentasi, orientasi, latihan terstruktur, terbimbing dan mandiri terlaksana dengan baik. Hal tersebut dilihat dari peserta didik yang dapat bernyanyi dengan teknik vokal yang baik dan benar serta terbukti dari prestasi peserta didik dalam berbagai kejuaraan perlombaan paduan suara. Penggunaan model Direct Learning tersebut sudah tepat untuk pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler paduan suara karena peserta didik dapat menerapkan materi yang disampaikan dengan baik.

Kata kunci: Paduan Suara, Direct Learning, Teknik Vokal

Direct learning in Choral Learning of SMAK St. Stefanus Ketang Nusa Tenggara Timur

Active choir extracurricular activity is performed at SMAK Santu Stefanus Ketang NTT to help smoothly process Catholics so that they often follow religious festivals. Therefore this research aims to describe the Direct Learning learning model used by teachers in choir extracurricular activities at SMAK Santu Stefanus Ketang NTT. This research uses qualitative descriptive methods. The object of this study is choir learning at SMAK Santu Stefanus Ketang NTT, while the subject of this study is choir teacher and learner. The data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. The data validation technique used in this study is triangulation of techniques. The data analysis used in this study through the stages is data collection, compact data, display data, and draw conclusions verification. The results of the study showed that the choir learning process using the Direct Learning model with five stages: presentation, orientation, structured, guided and independent exercise is well done. This is seen from learners who can sing with good and true vocal techniques and proven from the achievements of learners in various championships of choir race. The use of the Direct Learning model is appropriate for learning vocal techniques in extracurricular choir because learners can apply well delivered material.

Keywords: Choir, Direct Learning, Vocal Technique


Full Text:

PDF

References


Afniyana, M., Taufik, S., & Hanaepi. 2014. Model Pembelajaran Langsung “Teori dan Praktek”. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Aley. 2010. Pembagian Wilayah Suara Dengan Intonasi Tepat. https://eprints.uny.ac.id/66498/3/BAB%20II.pdf.

Pradoko. 1997. Upaya Meningkatkan Teknik Vokal pada Paduan Suara Inovatif dengan Menggunakan Metode Imitasi dan Drill. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/19607/1/Aryanti%20Anita%20Umbu%20Lele%20 09208244043.pdf

Ritonga. 2003. Teknik Latihan Pernapasan Diafragma untuk Meningkatkan Fungsi Paru. Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/ini-2-tekniklatihan-pernapasan-diafragma-untuk-meningkatkan-fungsi-paru-paru

Sitompul, B. 2002. Paduan Suara dan Pemimpinnya. Penerbit Jakarta: BPK. Gunung Mulia.

Sihombing, Frisilia. 2003. Latar Belakang dalam Bernyanyi. Diakses dari Frisilia Sihombing.pdf

Soewito. M. 1996. Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanto. 2005. Efektivitas Penggunaan Metode Solfegio untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar. Dikases dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/viewFile/723/648

Widyastuti. 2007. Upaya Peningkatan Keterampilan Bernyanyi melalui Vokalisi dalam Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Pangudi Luhur Santo Aloysius Bayat. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/17405/2/Skripsi_Nicolas%20Aditya%20Nugraha_1 1208241022.pdf

Zakky. 2018. Teknik Pengumpulan Data Metode Penelitian. Diakses dari BAB 3..pdf


Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA