Penerapan Metode Pembelajaran pada Tari Kreasi di Sanggar Tari Arum Sari Magelang
Abstract
Pembelajaran di Sanggar Tari Arum Sari Magelang menerapkan beberapa metode pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang baik dan berbagai prestasi serta dipercaya oleh Dinas Kebudayaan kota Magelang untuk menampilkan karya-karya seni tari sebagai representasi kota Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tari kreasi baru di Sanggar Tari Arum Sari Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek metode pembelajaran tari kreasi baru di Sanggar Tari Arum Sari Magelang. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang disajikan dengan teks bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dalam Sanggar Tari Arum Sari Magelang terdapat 3 kategori, yaitu kategori A, B, dan C yang dikelompokkan sesuai dengan usia dan menerapkan metode pembelajaran yang sama. Metode ceramah efektif digunakan dalam kategori C, metode demonstrasi efektif digunakan dalam kategori B dan C, metode imitasi dan siap latihan (drill) efektif digunakan dalam kategori A, B, dan C.
Kata kunci: Pembelajaran, Sanggar Seni Tari, Tari Kreasi Baru, Metode Pembelajaran
The Implementation of Learning Method Toward New Creation Dance ini Arum Sari Dance Studio Magelang
Learning at the Arum Sari Dance Magelang Studio act various learning methods and to produce a good results and several achievements and is reliable by the Magelang City Cultural Office to display dance artworks as a representation of the city of Magelang. The purpose of this study is to find out and describe about the learning methods used in learning new creations dance in the Arum Sari Dance Studio Magelang. The research method used is descriptive qualitative with the object of the new creation dance learning method at the Arum Sari Magelang Dance Studio. The data collection was obtained from observations, interviews, and documentation and then validated using source triangulation and techniques triangulation. The data analysis using qualitative data analysis according to Miles and Huberman presented with text is descriptive. The results showed that there are 3 categories, namely A, B, and C which are grouped according to age and applies the same learning methods. The lecture method is effectively used in category C, the demonstration method is effectively used in categories B and C, the imitation and drill-ready method is effectively used in categories A, B, and C.
Keywords: Learning, Studio Dance, New Creation Dance, Learning Methods
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovativ) Bandung: Yrama Widya.
Dewi, G. D. K. (2020). Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Jurnal Performing Art Education (Nomor. 1 Tahun 2021) Hlm. 40-47. Volume 1.
H’Doubler, M. N. (1985). Dance A Creative Art Experience (Tari Pengalaman Seni Yang Kreatif). Penerjemah: Tugas Kumorahdi. Denpasar: FSP ISI Denpasar.
Hartono. (2018). Model Pembelajaran Tari Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Lontar Mediatama.
Max, A. (2018). Tari Dinggu: Dulu dan Sekarang. Bogor: Penerbit Milenia.
Murgiyanto, S. (1983). Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Jakarta: NV. SAPDODADI.
Pane, A & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945.
Pujiwiyana. (2010). Pembinaan Paguyuban Seni Tradisional. Yogyakarta: Elmatera.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sedyawati, Parani, dkk. (1986). Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ulfa, M & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721/4066.
Veronica, E. (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Jurusan Sendratasik FBS.Semarang: UNNES PRESS.
Article Metrics
Abstract view : 334 timesPDF - 440 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA