Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Wayang Orang Lakon Pétruk Dadi Ratu di Paguyuban Mustika Budaya Desa Sariharjo Kapanewon Ngaglik Kabupaten Sleman

Raden Bagus Wisnu Wardana Kusuma Adi, Sarjiwo Sarjiwo, Nur Iswantara

Abstract


Nilai pendidikan karakter sangat penting bagi figur kepemimpinan salah satunya melalui pertunjukan wayang orang lakon Pétruk Dadi Ratu pada Paguyuban Mustika Budaya di Desa Sariharjo, KapanewonNgaglik, Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada lakon Pétruk Dadi Ratu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah ketua paguyuban, dalang, penata iringan, dan penata tari. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai Pendidikan karakter yang terdapat pada lakon Pétruk Dadi Ratu yang terdiri dari struktur penyajian, ragam dan sikap gerakan, rias busana, dan antawacana didapatkan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Kerja Keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Bersahabat/komunikatif, Peduli Sosial, Tanggung Jawab.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Wayang Orang, Pétruk Dadi Ratu, Pembelajaran Seni

Education Character Values of Wayang Orang Lakon Pétruk Dadi Ratu in Mustika Budaya Association

The value of character education is very important for leadership figures. One of them is through a wayang orang performance of the lakon Pétruk Dadi Ratu at the Mustika Budaya Association in Sariharjo Village, Kapanewon Ngaglik, Sleman Regency. This study aims to describe the character education values in the lakon Pétruk Dadi Ratu. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Subjects in this study were the chairman of the association, puppeteers, accompaniment directors, and dance directors. The validation technique used is technical triangulation. Data analysis uses data collection, data reduction, and presentation of data obtained from primary and secondary sources. Results of this study conclude that the value of character education is contained in the lakon Pétruk Dadi Ratu which consists of presentation structure, variety and movement attitudes, dress make-up, and antawacana, The values of character education are Religious, Honest, Tolerance, Hard Work, Creative, Curiosity, Friendly/communicative, Social Care, Responsibility.

Keywords: Character Education, Wayang Orang, Pétruk Dadi Ratu, Art Instructional


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovativ) Bandung: Yrama Widya.

Dewi, G. D. K. (2020). Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Jurnal Performing Art Education (Nomor. 1 Tahun 2021) Hlm. 40-47. Volume 1.

H’Doubler, M. N. (1985). Dance A Creative Art Experience (Tari Pengalaman Seni Yang Kreatif). Penerjemah: Tugas Kumorahdi. Denpasar: FSP ISI Denpasar.

Hartono. (2018). Model Pembelajaran Tari Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Max, A. (2018). Tari Dinggu: Dulu dan Sekarang. Bogor: Penerbit Milenia.

Murgiyanto, S. (1983). Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Jakarta: NV. SAPDODADI.

Pane, A & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945.

Pujiwiyana. (2010). Pembinaan Paguyuban Seni Tradisional. Yogyakarta: Elmatera.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sedyawati, Parani, dkk. (1986). Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, M & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721/4066.

Veronica, E. (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Jurusan Sendratasik FBS.Semarang: UNNES PRESS.


Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 521 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA