Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Kontekstual Pada Kelas Tari Gelegar Nusantara di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta

Meidita Aulia Sihotang, Agustina Ratri Probosini, Ujang Nendra Pratama

Abstract


Tari Gelegar Nusantara pernah dibawakan oleh Kinanti Sekar di Kazakhstan dalam acara Misi Tari. Selama proses pembelajarannya menggunakan strategi ekspositori dan contextual teaching and learning (CTL). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori dan kontekstual pada kelas tari Gelegar Nusantara di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran tari Gelegar Nusantara, sedangkan subjeknya yaitu pemilik sanggar, pelatih, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi ekspositori membantu peserta didik untuk memahami materi yang dijelaskan secara verbal oleh pelatih. Penggunaan strategi kontekstual membantu peserta didik untuk memahami makna dari setiap motif geraknya, sehingga peserta didik dapat menarikan tarian Gelegar Nusantara dengan rasa.

Kata kunci: Learning Strategies, Tari Gelegar Nusantara, Pembelajaran Tari

Strategy of Expository and Contextual Learning in the Class of Gelegar Nusantara Dance at Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta.

Gelegar Nusantara dance was once performed by Kinanti Sekar in Kazakhstan in the Dance Mission event. During the learning process it uses expository and contextual teaching and learning (CTL) strategies. The purpose of this study is to describe the escrow and contextual learning strategies in the Gelegar Nusantara dance class at the Kinanti Sekar Art Studio in Yogyakarta. The type of research used is descriptive qualitative. The object of this study is the Gelegar Nusantara dance learning strategy, while the subjects are studio owners, trainers, and students. The data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The data validation techniques use triangulation methods. The data analysis used includes data reduction, data presentation, and verification. The understand the material verbally describe by the trainer. The use of contextual strategies helps students to understand the meaning of each motive of movement, so that students can dance the Gelegar Nusantara dance with feeling.

Keywords: Learning Strategies, Gelegar Nusantara Dance, Dance Learning


Full Text:

PDF

References


Ekosiswoyo, R, dkk. (2016). Pendidikan Nonformal Teori dan Kebijakan. Semarang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Unnes.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Septyana, H. "Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pelatihan Menjahit Di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) FORTUNA Dukuh Siberuk Desa Siberuk Kabupaten Batang." Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 2.2 (2013).

Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jawa Barat: CV Jejak Prenadamedia Group.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: P.T Kharisma Putra Utama.

Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press.

Veronica, E. (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Jurusan Sendratasik FBS.Semarang: UNNES PRESS.

Widoyoko, E .P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA