Nilai Pendidikan Karakter Religius Tari Ratoeh Jaroe pada Ekstrakurikuler MAN 1 Yogyakarta

Suci Aprilia Ritonga, Dilla Octavianingrum, Nur Iswantara

Abstract


MAN 1 Yogyakarta ialah salah satu sekolah yang mempunyai ekstrakurikuler tari, mempelajari Tari Ratoeh Jaroe yang  merupakan tarian bernuansa islami. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter religius Tari Ratoeh Jaroe pada ekstrakurikuler MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data memakai teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Teknik validasi pada penelitian ini memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sumber data pada penelitian ini adalah pelatih tari, peserta didik, dan penanggung jawab kegiatan ekstrakurikuler tari. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter religius Tari Ratoeh Jaroe pada ekstrakurikuler MAN 1 Yogyakarta terdapat pada tata busana yang mencerminkan cara berpakaian muslimah, syair bernuansa islami, dan empat ragam gerak yaitu: 1) Saleum, 2) Shallallahu, 3) Aamiin, dan 4) Alam Semesta. Unsur-unsur religius Islam pada Tari Ratoeh Jaroe terdiri dari: 1) Akidah, 2) Syariah, dan 3) Akhlak. Adapun fungsi Tari Ratoeh Jaroe sebagai media dakwah bernafaskan Islam.

Kata kunci: Pembelajaran Tari, Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler

The Value of Religious Character Education in The Ratoeh Jaroe Dance in Extracurricular MAN 1 Yogyakarta

MAN 1 Yogyakarta is one of the schools which has a dance extracurricular activity, studies the Ratoeh Jaroe Dance which is a dance with Islamic nuances. Therefore, this study aims to describe the value of religious character education in the Ratoeh Jaroe Dance in extracurricular MAN 1 Yogyakarta. This study used a qualitative descriptive research method. Furthermore, data collection techniques used observation techniques, interviews, and documentation related to the subject matter. The validation technique in this study used source triangulation and technique triangulation. Meanwhile, the data sources in this study were dance trainers, students, and those in charge of dance extracurricular activities. In addition, the data obtained were analyzed with the stages of reduction, presentation, and drawing conclusions. The result of this study shows that the value of religious character education in the Ratoeh Jaroe Dance in extracurricular MAN 1 Yogyakarta has the dress code which reflects the way Muslim women dress, verse with Islamic nuances, and four kinds of movements, namely: 1) Saleum, 2) Shallallahu, 3) Aamiin , and 4) the Universe. Meanwhile, islamic religious elements in the Ratoeh Jaroe Dance consist of: 1) Aqidah, 2) Sharia, and 3) Morals. In addition, the function of the Ratoeh Jaroe Dance is that as a medium of Islamic preaching.

Keywords: Dance Learning, Character Education, Extracurricular


Full Text:

PDF

References


Aldi, S. (2021). Tips Bahagia dari Ustadz Adi Hidayat: Bersyukur dengan Sederhana. Diakses dari https://www.ayobandung.com/umum/pr-791478972/tips-bahagia-dari-ustadz-adi-hidayat-bersyukur-dengan-sederhana.

Dariyanto, E. (2021). Ustaz Yusuf Mansur Jelaskan Dalil Sholat 5 Waktu dalam Al Qur’an dan Hadits. Diakses dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5800372/ustaz-yusuf-mansur-jelaskan-dalil-sholat-5-waktu-dalam-al-quran-dan-hadits.

Hafiz, M.F. (2022). Ucapkan Salam pada Siapapun, Ustadz Adi Hidayat Bilang Salam Itu Untuk Semua Orang. Diakses dari https://mataram.pikiran-rakyat.com/khasanah/pr-2223498408/ucapkan-salam-pada-siapapun-ustadz-adi-hidayat-bilang-salam-itu-untuk-semua-orang.

Hartono & Wuryaningrum, A. (2018). Teknik Analisis Pembelajaran Tari. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Indrawan, I., dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Banyumas: CV Pena Persada.

Mariana. (2022). Anjuran Membaca Shalawat Nabi Sebelum Berdoa, Ustadz Khalid Basalamah Beri Penjelasan. Diakses dari https://banjarmasin.tribunnews.com/amp/2022/09/28/anjuran-membaca-shalawat-nabi-sebelum-berdoa-ustadz-khalid-basalamah-beri-penjelasan.

Musbikin, I. (2021). Tentang Pendidikan Karakter dan Religius Dasar Pembentukan Karakter. Bandung: Nusa Media

Nafilah, I. (2019). Unsur-Unsur Religius dalam Cerpen “Sejuta Langkah Mendaki Mimpi” Karya Dian Rahayu. Jurnal DEIKSIS. Vol. 11 No. 02. Hlm. 101-110. Diakes dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/3330/2474.

Putry, R. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Vol. 4 No. 1. Diakses dari http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/download/4480/2942.

Rahayuningtyas, S.L. (2022). Hukum dan Hikmah Menutup Aurat Menurut Islam, Dijauhi dari Niat Jahat. Diakses dari https://www.celebrities.id/amp/hukum-dan-hikmah-menutup-aurat-menurut-islam-dijauhi-dari-niat-jahat-BO17d5?page=2.

Riadi, M. (2019). Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis Ekstrakurikuler. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2019/01/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-ekstrakurikuler.html?m=1.

Satriawati. (2018). Seni Tari. Sungguminasa: PKBM Rumahbuku Carabaca.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA