Metode Pembelajaran Tari Burung di Sanggar Wiraga Apuletan Yogyakarta

Ardini Rulzanifa Hasibuan, Gandung Djatmiko, Sarjiwo Sarjiwo

Abstract


Metode pembelajaran adalah sebuah proses sistematis dan teratur. Metode pembelajaran adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan di Sanggar Wiraga Apuletan Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pendiri sanggar, pengajar, pencipta iringan, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Objek penelitian ini adalah tari Burung. Latar pada penelitian ini adalah Sanggar Wiraga Apuletan Yogyakarta. Teknik validasi data menggunakan triangulasi Teknik, sumber, dan waktu. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran tari Burung di Sanggar Wiraga Apuletan menggunakan 5 metode, (1) Ceramah (2) Latihan (3) Demonstrasi (4) Imitasi (5) Penugasan. Penggunaan metode tersebut sangat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, karena peserta didik dapat memahami dengan cepat serta dapat menarikan tarian dengan baik.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Tari Burung, Sanggar Wiraga Apuletan, Pembelajaran Tari

The Learning Method of Burung Dance at The Wiraga Apuletan Studio Yogyakarta

The learning method is a systematic and orderly process. The learning method are one of the most crucial elements in the success of a learning process. This research is intended to describe the learning method used in the Wiraga Apuletan Studio Yogyakarta. This research is descriptive research. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were the founders of the studios, teachers, accompaniment creators, students, and parents of students. Data validation techniques using triangulation techniques, sources, and time. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study concluded that the Burung Dance at the Wiraga Apuletan Studio used 5 methods, (1) Lectures (2) Exercises (3) Demonstrations (4) Imitation (5) Assignments. The use of this method really helps students in the learning process, because students can understand quickly and can dance well.

Keywords: Learning Methods, Burung Dance, Wiraga Apuletan, Studio Yogyakarta, Dance Learning


Full Text:

PDF

References


Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Diakses dari ANALISIS METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL | Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) (universitaspahlawan.ac.id)

Maswan., & Khoirul, M. (2017). Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pradita, A., dkk. (2016). Penyajian Tari Kreasi Turun Ku Aih pada Sanggar Kerenem Pirak Kabupaten Gayo Lues. Diakses dari 188079-ID-penyajian-tari-kreasi-turun-ku-aih-aunen.pdf (neliti.com)

Thabroni, G. (2021). Metode Penelitian: Pengertian & Jenis menurut Para Ahli. Diakses dari Metode Penelitian: Pengertian & Jenis menurut Para Ahli - serupa.id

Safnowandi. (2012). Pembelajaran Keterampilan Proses. Diakses dari Pembelajaran Keterampilan Proses | Sang Master (wordpress.com)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.

______. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Suwandi. (2005). Berkarya Seni untuk SMP, dalam Jurnal “Penyajian Tari Kreasi Turun Ku Aih Aunen” Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/188079-ID-penyajian-tari-kreasi- turun-ku-aih-aunen.pdf.

Tofa. (2017). Kelebihan dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi. Diakses dari Kelebihan Dan Kekurangan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi | Kang_Tofa (wordpress.com)


Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA