Penerapan Metode Sariswara dalam Pembelajaran Dolanan Anak Kelas V di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta

Sophie Millenia Dista Yogjanisaa, Sarjiwo Sarjiwo, Antonia Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Sariswara dalam Pembelajaran Dolanan Anak Kelas V di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, objek yang berfokus pada penerapan metode sariswara dalam pembelajaran Dolanan Anak kelas V di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, guru Seni Budaya, dan tokoh sariswara. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi yang menggabungkan teknik pengumpulan data dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sariswara dalam pembelajaran Dolanan Anak kelas V di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta menjadikan proses pembelajaran menyenangkan, penyampaian materi mudah diterima, dan pesan dalam Dolanan Anak dapat diketahui, diingat, dan dipahami. Materi Dolanan Anak memberi didikan untuk anak-anak dalam hal kognitif, emosi, sosial, motorik kasar, bahasa, dan karakter. Penggunaan metode tersebut sudah tepat karena proses pembelajaran dapat dilakukan dengan baik tanpa merasa peserta didik terbebani dan dapat menguasai materi Dolanan Anak.

Kata kunci: Dolanan Anak, Metode Sariswara, SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta

Implementation of Sariswara Method in Dolanan Anak’s Learning at Tamansiswa Elementery School, Jetis Yogyakarta

This study aims to describe the application of the sariswara method in learning Dolanan Anak  for grade 5 at Tamansiswa Jetis Elementary School with respondents including: principals, cultural arts teachers, and sariswara expert. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The results of data collection were analyzed using data reduction technique, data presentation, and data verification. Data is valeted using a triangulation technique that combines data collection techniques and data sources. The results showed that the application of the sariswara method in learning Dolanan Anak for grade 5 at SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta made the learning process fun, learning material easy to understand, and messages in Dolanan Anak. Besides that, use this method is appropriate because the learning process can be carried out properly without feeling and students can master the material and performed the Dolanan Anak.

Keywords: Dolanan Anak, Sariswara Method, SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta


Full Text:

PDF

References


Dewantara, K.H. (2013). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Cetakan Terbaru. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST-Press) bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Indonesia.

Hadisukatno, S. (1981). Permainan Kanak-Kanak sebagai Alat Pendidikan dalam 30 Tahun Tamansiswa. Yogyakarta: Percetakan Tamansiswa.

Malik, M.S. (2020). Analisis HOTS, 4C, Literasi, dan Pendidikan Karakter dalam Seni Budaya dan Prakarya MI/SD Kurikulum 2013. Elementary Islamic Teacher Journal, Vol 8, No.1, 1 Januari-Juni 2020. Diambil 29 November dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=analisis+hots%2C+4c%2C+literasi+dan+pendidikan+karakter+dalam+seni+budaya+dan+prakarya+MI%2FSD&btnG=

Moleong, L.J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2015). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sedyawati, dkk. (1986). Pengetahuan Elementari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Takwin, B. (2015). Mendidik dengan Budaya. Yogyakarta: Nuha Medika Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2013 Sistem Pendidikan Nasional 2003.

Utari, R. (2012). Taksonomi Bloom: Apa dan bagaimana menggunakannya? Pusdiklat KNPK. Diambil 15 Desember 2021, jam 23.20 WIB dari https://www.defantri.com/2017/06/taksonomi-bloom-apa-dan-bagaimana-menggunakannya.html

Wiryopranoto & Suhartono. (2017). Ki Hajar Dewantara “Pemikiran dan Perjuangannya” Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jendral Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 278 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA