Metode Pembelajaran Tari Kreasi pada Kelas Anak Usia Dini di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta

Lutfi Sari Dewi, Sarjiwo Sarjiwo, Ujang Nendra Pratama

Abstract


Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru untuk menjalankan fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai pembelajaran. Pengajar Tari Sahabat Anak di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam memberikan materi tari kreasi pada kelas anak usia dini dengan materi Tari Sahabat Anak di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran pada Tari Sahabat Anak di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta, dengan subjek penelitian ketua sanggar, pelatih, dan orang tua peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang dicapai melalui reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif atau deskriptif, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran Tari Sahabat Anak di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode drill/latihan. Penggunaan metode pembelajaran membuat peserta didik mampu melakukan Tari Sahabat Anak.

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Tari Kreasi, Pembelajaran Tari, Anak Usia Dini

Creative Dance Learning Methods in Early Childhood Classes at Kinanti Sekar Art Studio Yogyakarta

Learning method used by teachers to fulfill their functions and is a tool to achieve learning. Sahabat Anak Dance Teacher at Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta, uses learning methods in adaptation with the abilities of students. The purpose of this study is to describe the learning methods used in providing creative dance materials in early childhood classes with material on Sahabat Anak Dance at the Kinanti Sekar Art Studio Yogyakarta. The type of research used is qualitative research. The object of this study is learning at the Sahabat Anak Dance at the Kinanti Sekar Art Studio Yogyakarta, with the subject of the study, the head of the studio, the trainer, and the parents of students. The data collection techniques include observation, interviews, and documentation, the data validation techniques use triangulation methods and data analysis is implement by reducing data, presenting data in the form of narratives or descriptions, and verifying data. The results showed that the learning of Sahabat Anak Dance at Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta used lecture methods, demonstration methods, and drill / practice methods. Hereby prove that the use of learning methods is able to make students proficient in performing the Sahabat Anak Dance.

Keywords: Learning Method, Creative Dance, Dance Learning, Childhood Activities


Full Text:

PDF

References


Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah dan Nurdin. (2012). Belajar dengan Pendekatan Palkem. Jakarta: Balai Pustaka

Iryanti, E. V. (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara. Jurnal Seni Tari (Nomor. 1 Tahun 2012). Hlm. 36-48. Volume 3.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., dan Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. (Nomor. 2 Tahun 2018). Volume 4.

Oktavianti, R. dan Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. (Nomor. 1 Tahun 2019) Hlm. 117-122. Volume 2.

Setiawan, A. M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, CV

Suyadi dan Maulidya. U. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yetti, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Tari terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Seni dan Budaya (Nomor. 2 Tahun 2012). Volume 22.


Article Metrics

Abstract view : 1054 times
PDF - 598 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA