Kelas Trial Vokal dalam Lembaga Musik Studi Kasus pada Budi Mulia Dua Music School Yogyakarta

Revika Zefanya Haloho, Gathut Bintarto, Wahyudi -

Abstract


Di tengah situasi pandemi covid 19, pada bulan Februari 2021, Budi Mulia Dua (BMD) berani membuka kursus musik secara offline dengan nama BMD Music School . Wawancara awal yang dilakukan pada pemilik kursus menunjukkan keinginan untuk memperkenalkan program dan fasilitas yang ada dengan menggunakan uji coba kelas . Banyaknya kursus musik yang menggunakan uji coba kelas dan ketatnya persaingan dalam menjaring calon murid menjadi alasan untuk melihat pelaksanaan uji coba kelasdan instruktur strategis dalam memaparkan materi. Penelitian ini memaparkan langkah demi langkah pengenalan praktik musik dan fasilitas kelas dalam durasi waktu 45 menit. Pengadaan kelas yang bersifat insidental menjadi alasan dipilihnya metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang fokus pada kelas vokal trial . Penelitian dimulai dengan memilih jadwal sidang kelas yang akan diamati, dilanjutkan dengan wawancara kepada 3 narasumber yaitu instruktur vokal, manajer pengelola kursus, dan pemilik kursus. Saat percobaan kelasberlangsung, instruktur memberikan salam, melakukan pemilihan, memeriksa kondisi calon murid dengan menerapkan teknik pemanasan tertentu, lalu meminta calon murid menyanyikan lagu yang disukai dengan iringan yang bisa didapatkan dari youtube . Hasil wawancara dengan instruktur vokal menunjukkan dari 4 kali kelas trial yang dilakukan dengan calon murid yang berusia 5 sampai 9 tahun, semuanya mendapatkan kesan suasana kelas yang menyenangkan. Sebagai dampaknya, calon murid yang akhirnya menjadi murid tetap, bergabung mengikuti kursus dengan durasi bertahan paling lama 10 bulan. Pengamatan terhadap instruktur strategi tidak dengan serta merta menunjukkan tingkat keberhasilan kelas trial . Penggratisan kelas trial di BMDSekolah Musik masih perlu meninjau efektifitasnya dalam membentuk citra keunggulan kursus musiknya.

Kata kunci: Strategi pemasaran musik, Kelas trial, Budi Mulia Dua Music School                         Yogyakarta. 

In the midst of the covid 19 pandemic situation, in February 2021, Budi Mulia Dua (BMD) had the courage to open an offline music course under the name BMD Music School. Initial interview with BMD’s owner showed a desire to introduce existing programs and facilities by using trial classes. BMD’s owner thought that she has the chance to diversify her school business and tried to attract BMD Music School’s candidates by implementing the trial class. Since it is a new music course and it has no definite sylabus, the strategies in presenting the trial class material became the music instructor’s responsibility. This research presents a step-by-step introduction to music practice and class facilities within 45 minutes length. The incidental schedule of the class was the reason for choosing a qualitative research method with a case study approach focused on vocal trial classes. The research began by selecting a trial class schedule to be observed, followed by interviews to 3 selected persons including the vocal instructor, the manager of the music course, and the music course owner. The instructor’s strategies begin by greetings, makes certain introductions, checks the candidate's skill and musicianship by applying certain warm-up techniques, asking to sing the candidate’s favourite song with accompaniment that can be obtained from YouTube, and observing the hearing abilities. Interviews with the vocal instructor showed that out of the 4 trial classes, all of the candidates aged 5 to 9 years old received an impression of a pleasant class atmosphere. As a result, candidates who eventually became pupils joined the course for a maximum duration of 10 months. Observations of the instructor's strategy do not necessarily indicate the success of the trial class. BMD Music School’s free trial class still needs to be reviewed as this music course is still in the long process of shaping its excellence image.

Keywords: Music marketing strategy, Trial Class, Budi Mulia Dua Music School                          Yogyakarta



Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., & Suprayogi, U. (2012). Penelitian tindakan dalam pendidikan nonformal. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.

Eychaner, F. F. (2017). Rehearsal Break: Step by Step: Collegiate Choral Auditions. The Choral Journal, 57(10), 61–72.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). In Pemasaran.

Imbing, B. G. L., & Andry, J. F. (2020). ANALISIS PROSES BISNIS PADA SEKOLAH MUSIK MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 6(1). https://doi.org/10.31961/positif.v6i1.830

Lucky, T. (2018). PEMBENTUKAN TEKNIK VOKAL HEAD VOICE PADA PADUAN SUARA MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Marquart, L. (2005). The right way to sing. Simon and Schuster.

Medy, M. L. ; W. H. (2022). KONSER VIRTUAL SEBAGAI TEKNIK PEMASARANDALAM KURSUS MUSIK GRACIA KEDIR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol. 11 No, 12. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p207-218

Noviaridha, U. (2019). Pembelajaran Vokal di Lembaga Kursus Ethnictro Music Education Yogyakarta [Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5945

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.

Porter, M. E. (1998). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. In The Free: Vol. Fir Free P (Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2009.11.015

ensiklomusika.com. 05 Januari 2022. Pentingnya Kelas Trial. Diakses pada 12 Desember 2022, dari https://id.ensiklomusika.com/post/pentingnya-kelas-percobaan


Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA